Home Lintas Jateng API dan Petani Gelar Aksi Tuntut Kedaulatan Petani

API dan Petani Gelar Aksi Tuntut Kedaulatan Petani

Ali
Ali
Aliansi Petani Indonesia (API) menggelar aksi  menuntut kedaulatan petani

Semarang, 6/10 (BeritaJateng.net) – Aliansi Petani Indonesia (API) berunjuk rasa menyuarakan tuntutan kepada pemerintah atas transparansi dan anti korupsi demi terwujudnya kedaulatan petani. Ratusan petani mengenakan kostum dan aneka hasil bumi menggelar aksi di seberang jalan Gedung DPRD Jawa Tengah, Selasa (6/10) siang.

Provinsi Jawa Tengah yang merupakan salah satu penyumbang pangan besar di Indonesia namun kenyataannya tidak berpihak kepada petani.

Mereka hadir untuk menyuarakan krisis agraria, program distribusi lahan 9 juta hektar oleh rezim Jokowi-JK melalui berbagai regulasi pertahanan.

Program 1 milyar rupiah dana desa melalui UU Desa atau pun program ketahanan pangan seolah merupakan kebijakan yang pro rakyat. Akan tetapi pro pemilik modal dan pro imperialis. Maka konflik rakyat dan pengusaha maupun pemerintah tidak bisa dihindari.

Sebanyak 35 truk juga dikerahkan dalam aksi menyuarakan krisis agraria. Koordinator Lapangan Aksi, Shondhey mengatakan jika para pengunjuk rasa termasuk dirinya sudah geram.

“Kepada pejabat, kepolisian, penguasa kami disini menyuarakan jeritan para petani. Ada yang dari Batang dan Kendal, kami datang ruwatan, berdoa supaya mereka tergugah hatinya,” teriak Shondhey

Bahkan pembaca puisi yang temanya meratap, Tria membawakan dengan emosi yang meledak-ledak.
“Ayolah pemerintah dengarkan para petani. Jangan memihak pemilik modal,” ujarnya. (BJT01)