Home Hukum dan Kriminal Antisipasi Warga Ikut Aksi Di Borobudur, Polres Karanganyar Siap Gelar Razia 

Antisipasi Warga Ikut Aksi Di Borobudur, Polres Karanganyar Siap Gelar Razia 

95
0
Silaturahmi KAMTIBMAS Polres Karanganyar bersama FKUB-MUI-WALUBI-DAI KARANGANYAR
              KARANGANYAR, 6/9 (BeritaJateng.net) – Polres Karanganyar siap gelar razia jika ada warganya yang nekat ikut demo di Candi Borobudur, Magelang sebagai bentuk keprihatinan terhadap warga muslim Rohingya di Myanmar. Padahal Candi Borobudur selama ini rutin digunakan sebagai tempat ibadah dan ritual umat Budha.
                 Selain itu  Candi Borobudur juga merupakan situs yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia UNESCO sehingga menjadi obyek vital yang harus dijaga dan pastinya keberadaannya sangat dilindungi oleh Negara.
                Hal itu ditegaskan Kapolres Karanganyar  AKBP Ade Safri Simanjuntak, pasalnya aksi demo yang sedianya di gelar di Candi Borobudur bertentangan dengan  UU No 9 tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum dilarang berunjuk rasa di tempat ibadah dan obyek wisata nasional.
              “Sudah pasti aksi itu bertentangan dengan pasal 19 ayat 2 UU No 9 tahun 1998. Ada baiknya aksi tidak digelar di sana (Borobudur) bisa dialihkan melalui doa bersama dan aksi galang dana,” ujar Ade Safri, Rabu (6/9/2017) di Mapolres Karanganyar.
                Untuk itu lanjut Ade Safri pihaknya akan melakukan razia bagi warga Karanganyar yang dikhawatirkan ikut serta dalam aksi keprihatinan di Magelang. Pihaknya terus berupaya melakukan deteksi terutama saat mendekati waktu pelaksanaan aksi dengan melakukan penyekatan di beberapa titik di wilayah Karanganyar.
                     “Pelarangan warga Karangnyar ikut aksi ini sebagai upaya pencegahan dini agar tidak terjadi pelanggaran hukum. Karena itu lokasi obyek vital nasional,” pungkasnya. (DB/El)