Home Kesehatan Antisipasi Penyebaran DBD,  PSN di Galakkan Kelurahan Pleburan

Antisipasi Penyebaran DBD,  PSN di Galakkan Kelurahan Pleburan

393
0
Antisipasi Penyebaran DBD,  PSN di Galakkan Kelurahan Pleburan
          Semarang, 16/3 (BeritaJateng.net) – Upaya pencegahan terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue terus digalakkan oleh Pemerintah Kota Semarang. Pemkot Semarang melalui Dinas Kesehatan kembali menyelenggarakan Apel Gebyar Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yang dilaksanakan hari Jumat (16/1).
        Apel Gebyar PSN bersama Muspika Kecamatan Semarang Selatan dipusatkan di Kelurahan Pleburan, Kecamatan Semarang Selatan ini dipimpin langsung oleh Camat Semarang Selatan Ari Joko Santoso.
         Dalam arahannya, Camat Semarang Selatan, mengatakan bahwa Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang bisa dicegah, namun pencegahan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue melalui nyamuk Aedes Aegypti ini tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, melainkan harus ada komitmen bersama seluruh elemen masyarakat untuk melaksanakan pencegahan melalui PSN.
          “Mengajak warga masyarakat untuk hidup sehat dan bersih. nyamuk tidak melihat orang tua atau anak anak” ujarnya usai memimpin Apel PSN di Kelurahan Pleburan, Semarang, didampingi Lurah Pleburan Supriyo Ilham, Jumat (16/3) pagi.
         Untuk penderita DBD diwilayah Kelurahan Pleburan pada tahun 2017 terdapat 1 kasus, dan mampu tertangani dengan baik. Untuk tahun 2018 belum ditemukan.
         “Tercatat untuk angka bebas jentik di Kelurahan Pleburan berada 90 persen sementara untuk titik aman angka bebas jentik berada di 95 persen. tahun 2017 terdapat satu penderita, untuk tahun 2018 belum ada, dan seterusnya,” tambahnya.
         Usai melakukan Apel, tim kelompok PKK Kelurahan Pleburan, terbagi beberapa tim menyebar mengecek jentik nyamuk di rumah rumah warga. (Nh/EL)