Home Hukum dan Kriminal Antisipasi Penimbunan Pupuk Bersubsidi, Polres Blora Lakukan Patroli

Antisipasi Penimbunan Pupuk Bersubsidi, Polres Blora Lakukan Patroli

433
Antisipasi Penimbunan Pupuk Bersubsidi, Polres Blora Lakukan Patroli
       Blora, 18/12 (BeritaJateng.net) – Dalam rangka menjaga situasi yang tetap kondusif terutama mencegah penyimpangan penjualan pupuk bersubsidi bagi petani. Bhabinkamtibmas Polsek Tunjungan Polres Blora melaksanakan kegiatan patroli dan sambang kepada penjual atau pengecer pupuk bersubsidi, Selasa (18/12/2018).
       Giat patroli dan sambang yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Brikpa Joko Purwanto dengan cara mendatangi kios pupuk dan obat pertanian milik bapak Rosit di Desa/Kec. Tunjungan, Blora.
        “Kami harap tidak ada penyelewengan maupun pengoplosan pupuk bersubsidi dengan pupuk non subsidi karena hal tersebut melanggar aturan edar dan dapat dikenai sangsi hukum,” himbaunya.
        Pupuk bersubdisi itu hanya untuk petani yang tergabung dalam kelompok tani dan jumlah petani sudah direkap dengan baik, jadi petani dihimbau tidak perlu khawatir semua akan kebagian pupuk, meskipun permintaan petani cukup tinggi di saat musim tanam berlangsung seperti sekarang ini.
       “Untuk kelancaran proses pendistribusian, kami akan terus berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait khususnya untuk melakukan perhitungan kebutuhan pupuk sehingga pendistribusian pupuk bersubsidi ini bisa memenuhi kaidah 6 tepat yaitu tepat waktu, jenis, lokasi, jumlah, mutu dan harga,” jelas Bripka Joko.
        Sementara itu, salah satu distributor pupuk, Rosit mengakui memang masih ada keluhan petani yang kesulitan memperoleh pupuk di beberapa daerah, hal itu disebabkan banyak petani yang tidak terdaftar di RDKK yaitu Rencana Diatribusi Kebutuhan Kelompok, akibatnya pada saat mereka membutuhkan pupuk bersubsidi mereka tidak terlayani karena tidak mendapatkan jatah di kios-kios.
          “Alhamdullilah stok pupuk untuk Desa Tunjungan sampai saat ini masih aman dan mencukupi. Diantaranya 1. Urea : 17,25 Ton, 2. Phonska : 8,25 Ton, 3. Organik : 2,2 Ton, 4. ZA : 3,25 Ton dan 5. SP : 1,4 Ton,” terangnya.
          Kapolsek Tunjungan, AKP Budiyono, S.H, menyampaikan bahwa selain mencegah adanya penyelewengan pendistribusian pupuk bersubsidi, giat Bhabinkamtibmas menyambangi kios pupuk dengan patroli dialogis ini bermaksud menjalin kedekatan dengan masyarakat, juga untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas dan kriminalitas di wilayah Polsek Tunjungan. (El)