Home Headline Antisipasi Pencurian Kayu, Petugas Gabungan Sisir Hutan

Antisipasi Pencurian Kayu, Petugas Gabungan Sisir Hutan

479
Antisipasi Pencurian Kayu, Petugas Gabungan Sisir Hutan
       BLORA, 24/7 (BeritaJateng.net) – Polsek Randublatung Polres Blora melaksanakan Patroli Gabungan dengan Polisi Hutan di wilayah hutan Lindung Kecamatan Randublatung Senin (23/7/2018).  Dipimpin langsung Kapolsek Randublatung AKP Supriyo,  patroli menyisir titik-titik rawan pencurian pohon jati yang siap panen bersama Polhut.
       Selain untuk menekan aksi pencurian kayu jati, kegiatan ini juga untuk menertibkan lahan sekitar hutan serta mencegah kebakaran hutan. ”Kita bekerjasama dengan pihak perhutani KPH Randublatung dalam patroli di area hutan dengan menyisir masuk kedalam hutan jati milik perhutani,” kata AKP Supriyo.
       Hasil peninjauan Lokasi ditemukan beberapa tempat yang masuk dalam kawasan hutan lindung sudah dirusak oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dengan cara menebang pohon-pohon untuk dijadikan komoditas bisnis maupun industri.
       Kapolsek Randublatung menambahkan pentingnya patroli di wilayah hutan yang rawan aksi illegal logging dan pembakaran hutan. “Penting kita lakukan patroli hutan ini secara rutin, guna meminimalisir adanya pencurian kayu di hutan dan mencegah kebakaran hutan yang rawan terjadi di musim kemarau,” terangnya.
        Dalam kegiatan patroli ini juga dilakukan pengawasan terhadap para warga sekitar hutan mengingatkan secara humanis agar tidak melakukan pembakaran hutan untuk membuka lahannya. ”Kita ingatkan warga akan dampak yang akan terjadi akibat ilegal logging dan pembakaran hutan. Dengan pendekatan yang berkesinambungan, kita harapkan aksi-aksi tersebut bisa diminimalisir,” pungkas AKP Supriyo.
(MN/El)