Home News Update Antisipasi Luapan Bengawan Solo, BPBD Bentuk Posko Siaga

Antisipasi Luapan Bengawan Solo, BPBD Bentuk Posko Siaga

sungai bengawan solo. foto/ist

sungai bengawan solo. foto/ist
sungai bengawan solo. foto/ist

Solo, 21/1 (Beritajateng.net) – Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Kota Solo menyiapkan tiga titik Pos Komando (Posko) siaga banjir untuk mengantisipasi meluapnya sungai Bengawan Solo.
Kepala BPBD Solo , Eko Nugroho mengatakan, tiga Posko siaga banjir yang sudah terbentuk itu lokasinya berada  di Kota Barat, Pedaringan, serta Gading. Berbagai persiapan juga sudah dilakukan antara lain menyiapkan berbagai  peralatan evakuasi, kesiapan  penanganan pengungsian, serta logistik untuk penunjangnya.
“Sejumlah titik rawan banjir sudah dipetakan. Petugas juga ditempatkan di pos pemantauan,” ungkapnya di Solo Rabu (21/1/2015).
Penempatan petugas pantau bertujuan untuk mempercepat arus informasi jika konsisi sedang dalam keadaan darurat.
“Pengecekan pompa di pintu air, dipastikan berfungsi normal, jadi saat permukaan air Bengawan Solo meninggi, pintu air segera ditutup. Dan lipasan air dalam kota bisa dibuang ke alur Bengawan Solo menggunakan pompa,” terangnya.
Meski saat ini curah hujan cukup tinggi di wilayah Solo dan sekitarnya namun kondisi permukaan air di Bengawan Solo masih relatif aman. Namun bagi  warga yang berada di sekitar  bantaran sungai Bengawan Solo tetap harus waspada. (BJ24)