Antisipasi Kemacetan Akses Masuk Bandara A. Yani, Durasi Parkir Terminal Maksimal 3 Menit

         SEMARANG, 20/4 (BeritaJateng.net) – Minimnya lahan area parkir di Bandara Internasional Ahmad Yani disikapi olej PT Angkasa Pura I Ahmad Yani Semarang dengan kebijakan setiap kendaraan penjemput maupun pengantar di pelataran terminal tidak boleh parkir lebih dari tiga menit.
         Kepala Humas AP I Ahmad Yani. M Dimyati mengatakan, kebiasaan pengguna bandara selama ini adalah memarkir kendaraan di pelataran terminal, hingga melebihi ketentuan. Menyebabkan antrian panjang berujung pada kemacetan.
         “Kondisi ini mempengaruhi lalu lintas di sekitarnya, termasuk antren kendaraan yang hendak masuk ke bandara. Tidak jarang, banyak calon penumpang pesawat yang gagal berangkat karena terjebak macet,” katanya, Kamis (20/4).
         Untuk itu pihaknya kembali mensosialisasikan kebijakan batasan parkir di pelataran terminal hanya maksimal tiga menit. Sebenarnya, kata Dimayati, peraturan ini sudah ada sejak lama namun tidak tersosialisasikan dengan baik sehingga banyak terjadi pelanggaran.
         “Itu SOP yang menjadi standar di AP I, namun di Semarang belum banyak diketahui sehingga perlu kami sosialisasikan lagi. Intinya pelataran terminal itu sebenarnya hanya untuk drop zone dan pick up zone, jadi kendaraan tidak diperbolehkan berhenti lama,” ujarnya.
          Selain itu pihaknya tetap mengimbau kepada calon penumpang untuk tiba di bandara minimal 45 menit sebelum keberangkatan pesawat. Para pengantar dan pengunjung juga diharap memperhatikan beberapa ketentuan dibandara serta peraturan dari masing-masing maskapai.
        “Karena tiap cabang itu beda-beda aturannya, jadi ini kebijakan cabang saja sebenarnya. Namun tetap kami berlakukan demi kenyamanan pengguna bandara juga,” jelasnya.
        Situasi kepadatan kendaraan akibat penumpukan kendaraan di area parkir terminal rupanya dikeluhkan oleh para calon penumpang pesawat. Akibatnya banyak yang tertinggal penerbangan lantaran sudah terjebak macet di jalan masuk bandara.
         “Mulai jalan masuk bandara sudah macet di 30 menit jadwal penerbangan, saya terlambat penerbangan karena antrean panjang mobil masuk,” kata Shafig Pahlevi yang batal terbang ke Surabaya karena terlambat check in. (El)

Tulis Komentar Pertama