Home Headline Antisipasi Kelompok Radikal, Pagar Nusa Gelar Akpel Akbar

Antisipasi Kelompok Radikal, Pagar Nusa Gelar Akpel Akbar

1385
0

pagar

Semarang, 29/3 (BeritaJateng.net) – Pecak Silat Nahdlatul Ulama (NU) Pagar Nusa Minggu (29/3) siang mengadakan apel akbar di Lapangan Simpang Lima Semarang. Apel ini dimaksudkan untuk menyatukan kekuatan guna menangkal radikalisme dan terorisme yang saat ini semakin merajalela.

“Pengaruh kelompok radikal saat ini sudah merambah ke masyarakat kita, walaupun belum ada laporan keterlibatan jamiah NU dalam kelompok ini, namun perlu terus dilakukan kewaspadaan,” ungkap Ketua Umum Pagar Nusa Aizzudin usai pelaksanaan apel.

Menurut Aizzudin, selain menyatukan kekuatan, apel akbar tersebut juga dimaksudkan untuk meningkatkan silaturahmi antar potensi bangsa dalam menangkal kekuatan lain yang berusaha untuk merongrong persatuan dan kesatuan NKRI.

“NKRI harus kita jaga. Oleh karena itu kita harus selalu menjaga ukhuwah baik insaniah maupun diniyah diantara kita,” jelasnya.

Pada kesempatan itu Aizzudin mengharapkan agar warga NU dan pendekar Pagar Nusa khususnya untuk meningkatkan kewaspadaan dan sensitif terhadap setiap perkembangan yang terjadi di lingkungannya.
“Saya harapkan lebih sensitif dan segera lakukan deradikalisasi kalau menemukan kelompok tersebut,” tegasnya.

Sementara itu Sekretaris Panitia Apel Akbar Ghufron menambahkan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Pagar Nusa yang dilakukan di Semarang tanggal 27-29 Maret ini.
Apel Akbar diikuti oleh lebih dari 5.000 pendekar yang berasal dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Hadir dalam apel akbar tersebut Menteri Riset dan Teknologi M Nasir,Asisten Teritorial TNI Mayjen Sugiyarto, Wakil Ketua Umum PBNU KH Said As’ad Ali, jajaran kepolisian dan tokoh tokoh PWNU Jawa Tengah.

(BJ13)