Home Headline Antisipasi Kekeringan BPBD Blora Siagakan 500 Tangki Air Bersih

Antisipasi Kekeringan BPBD Blora Siagakan 500 Tangki Air Bersih

1891
0
Antisipasi Kekeringan BPBD Blora Siagakan 500 Tangki Air Bersih
       BLORA, 13/7 (BeritaJateng.net) – Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) kabupaten Blora menyiapkan bantuan 500 tangki air bersih untuk menghadapi musim kemarau. BPBD memprediksi, musim kemarau tahun ini akan berlangsung cukup lama yakni hingga awal bulan Nopember mendatang.
      Kasie kedaruratan bencana BPBD kabupaten Blora, Darsono mengungkapkan, hingga saat ini memang belum ada permintaan untuk bantuan air bersih. Ia memperkirakan permintaan baru akan terjadi ada bulan Agustus dimana sudah memasuki puncak kemarau.
      “Kita belum melakukan droping. Masih menunggu permintaan dari desa. Tapi kemarin kita sudah sebarkan surat agar tiap desa bisa melaporkan jika butuh bantuan air”, ucap Darsono di kantornya Jumat (13/7/2018).
       Tahun ini, pihaknya menyiapkan 500 tangki air bersih untuk disalurkan ke warga. Bantuan air bersih ini naik hampir separuhnya dari musim kemarau tahun lalu yang hanya 300 tangki air bersih.
       “Anggarannya sekitar 100 juta, kita siapkan 500 tangki. Naik dari tahun sebelumnya yang hanya 300. Karena kita prediksi kemarau tahun ini akan panjang, apalagi kemarin ada cuaca ekstrim”, terangnya.
      Darsono mengaku, saat ini baru ada 5 kecamatan yang sudah melaporkan sebagai  potensi kekeringan. Kecamatan tersebut antara lain, Randublatung, kedungtuban, jepon, Banjarejo dan japah.
       “Baru ada 5 kecamatan yang melaporkan sebagai daerah potensi kekeringan. Daerah tersebut memang serial tahun langganan kekeringan”, pungkas Darsono.
(MN/EL)