Home Ekbis Antisipasi Kebakaran, Pedagang Klewer Dilarang Tambah Instalasi Listrik

Antisipasi Kebakaran, Pedagang Klewer Dilarang Tambah Instalasi Listrik

klewer terbakar

Solo, 24/1 (BeritaJateng.net) – Sempat tutup karena musibah kebakaran hebat yang melanda pusat perdagangan batik terbesar di Indonesia itu, kini Pasar Klewer Solo kembali di buka. Lokasi yang dibuka kembali adalah pasar Klewer sisi Timur, yang tidak terbakar. 

Sedang Pasar Klewer sisi barat mengalami kerusakan yang cukup parah akan direnovasi karena kerusakan cukup parah. 

Yunita salah satu pemilik toko kain di Pasar Klewer mengatakan pasar Klewer sisi timur resmi dibuka Selasa (20/1/2015) lalu. Yang membuka Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo.

“Bukanya kemarin, langsung sama Pak Rudi,” jelasnya ketika ditemui di kiosnya Sabtu, (24/1/2015).

Yunita mengungkapkan saat Pak Rudi membuka kembali Pasar Klewer sisi timur ini, beliau hanya berpesan agar para pedagang bersama-sama ikut menjaga keamanan di pasar tersebut.

“Pesen pak Rudi, semua harus gotong royong menjaga keamanan lingkungan sekitar pasar Klewer ini,” terangnya.

Yunita mengaku sangat bersyukur kiosnya selamat dari musibah kebakaran, selama kios ditutup dia bersama dengan ratusan pedagang lainnya berjualan di sekitar seperti alun-alun, masjid agung, pagelaran keraton.

Meski mengaku senang bisa beraktifitas kembali,  Yunita tetap saja merasa khawatir, karena  musibah kebakaran banyak yang masih takut dan mengalami trauma.

Senada dengan Yunita, Joko yang juga memiliki kios batik di sisi timur juga merasa senang bisa kembali berjualan di kios miliknya.

“Pelanggan sudah banyak yang telepon kapan akan jualan lagi. Saya bilang  sudah balik ke kios yang lama,” ucapnya.

Joko juga menerangkan dari pihak
Dinas Pengelola Pasar (DPP) Surakarta telah melarang para pedagang tidak boleh menambah aliran listrik tanpa seijin pengelola pasar.

“Kemarin sudah diwanti-wanti  tidak boleh menambah aliran listrik tanpa seijin pengelola pasar. Agar tidak terjadi konsleting listrik yang bisa menyebabkan kebakaran,” pungkasnya. (BJ24)