Home News Update Antisipasi Banjir, Sejumlah Saluran di Kuningan Dikeruk

Antisipasi Banjir, Sejumlah Saluran di Kuningan Dikeruk

Sebuah alat berat dikerahkan untuk mengeruk saluran air di kawasan Kelurahan kuningan. Foto/Bj05

Semarang, 12/1 (beritajateng.net) – Sebagai salah satu wilayah yang rawan banjir, kelurahan Kuningan Kecamatan Semarang terus melakukan pengerukan, terutama pada saluran yang diatasnya terdapat penghubung jalan masuk atau PJM yang sudah tidak sesuai aturan.

Lurah Kuningan Joko Sumarno mengaku, pihaknya tengah melakukan pengerukan di sepanjang saluran jalan kakap. Pengerukan saluran yang dikerjakan oleh PSDA kota Semarang merupakan pengerukan lanjutan yang sebelumnya dimulai dari jalan peres.

Menurutnya, dengan menggunakan alat berat setidaknya sedimentasi setinggi dua meter dapat dikeruk sehingga nantinya saluran dapat digunakan secara maksimal pada saat musim hujan.

Joko menjelaskan, hampir seluruh wilayahnya yang terdiri dari 11 wilayah RW ini rawan terhadap banjir, selain dengan pengerukan, pembongkaran PJM milik warga yang tidak sesuai dengan aturan juga dilakukan. Tentunya, dengan sosialisasi terlebih dahulu kepada warga sebelum pembongkaran.

Ia menambahkan, dengan difungsikannya kolam retensi kali asin, wilayahnya sudah bebas rob. “Hanya saja jika hujan deras masih ada genangan di beberapa titik, namun itu tidak berlangsung lama karena air cepat surut,” ujarnya. (Bj05)