Home News Update Antisipasi Banjir, Ita Gerakkan Masyarakat Bersihkan Selokan dan Lingkungan 

Antisipasi Banjir, Ita Gerakkan Masyarakat Bersihkan Selokan dan Lingkungan 

IMG-20150920-WA0015

Semarang, 20/9 (BeritaJateng.net) – Musim kemarau panjang kali ini dimanfaatkan calon wakil wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu untuk mengajak dan menggerakkan masyarakat kota Semarang untuk membersihkan saluran drainase dan lingkungan agar apabila musim hujan datang saluran lancar dan tidak terjadi banjir.

Wanita yang akrab disapa Mbak Ita tersebut mengajak masyarakat untuk sadar kebersihan lingkungan dengan kegiatan resik-resik selokan di RT 2 RW 6 Kelurahan Purwosari, Minggu (20/9).

Kegiatan resik-resik dilakukan Ita usai menggelar Pengobatan Gratis di area Car Free Day (CFD) Simpang Lima Semarang.

Pada prinsipnya, Ita berkeinginan mewujudkan kebersihan dan kesehatan kota yang tentunya harus dimulai dari keluarga dan lingkungan.

Saat datang ke Kelurahan Purwosari, Calon Wakil Wali Kota nomor urut 2 itu langsung disambut warga. Warga sibuk bekerja bakti membersihkan selokan. Endapan lumpur dan kotoran yang membuat mampet selokan ramai-ramai dikeruk.

Melihat guyubnya warga, wanita dengan khas baju putih dan kerudung merah tersebut tak mau ketinggalan. Dengan sigap Ita mengambil sekop, mengumpulkan lumpur dan kotoran yang telah dikeruk, kemudian memasukkannya ke dalam karung yang disediakan. “Ayo yang semangat ya Pak, biar lingkungannya bersih,” katanya menyemangati warga.

Menurut Ita, resik-resik selokan digelar sebagai antisipasi datangnya musim penghujan. Sebab selokan yang mampet akan membuat air meluap dan mengakibatkan banjir.

P_20150920_092418

“Kami mengajak dan menggerakkan semua masyarakat untuk membersihkan lingkungan sendiri. Jika lingkungan bersih secara otomatis daerahnya pun ikut bersih. Seperti upaya membersihkan selokan, drainase dan lingkungan. Karena selokan yang mampet dapat menjadi sumber penyakit. Diantaranya penyakit demam berdarah,” imbuh pasangan Calon Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi tersebut.

Dia menambahkan upaya mewujudkan Semarang sebagai Kota Sehat akan lebih efektif jika dimulai dari keluarga dan lingkungan. Hal tersebut sesuai visi misi pasangan Hebat (Hendi-Ita Bersama Rakyat) yang salah satunya melakukan pembenahan kawasan Kelurahan.

“Jika ingin menggerakkan kesadaran masyarakat akan kebersihan dan kesehatan, harus dimulai dari lingkungan sendiri. Ke depan kami siap mewujudkan Semarang sebagai kota indah dan bersih,” paparnya.

Warga setempat, Agung TH menyambut baik kegiatan resik-resik selokan yang diprakarsai Ita. “Kegiatan ini membuat kerukunan warga terjaga dan semakin peduli dengan lingkungannya. Selain itu mumpung musim kemara, tepat sekali selokan dibersihkan agar saat musim hujan nanti aliran air lancar,” kata dia.

Dia mengatakan, menjelang musim penghujan, warga sudah sepakat akan menggelar kerja bakti satu bulan sekali. (Bj05)