Home Lintas Jateng Angkasa Pura I Sayangkan Insiden Jatuhnya Tangga Pesawat Di Bandara Semarang 

Angkasa Pura I Sayangkan Insiden Jatuhnya Tangga Pesawat Di Bandara Semarang 

98
0
Satu Orang Terluka akibat Tangga Pesawat Dihantam Jetblast

Jakarta, 10/10 (BeritaJateng.net)  – Manajemen PT Angkasa Pura 1 menyayangkan terjadinya insiden jatuhnya tangga pesawat saat berlangsungnya proses penurunan penumpang dari pesawat Batik Air yang terjadi di bandara Ahmad Yani semarang, Senin sore (9/10), dan pihaknya kini tengah menyelidiki dan menginventarisasi semua data-data terkait peristiwa yang tidak diduga tersebut.

“Kami turut prihatin dengan adanya insiden jatuhnya tangga pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan 6356 jurusan Jakarta-Semarang di parking stand 3 akibat semburan jet blast pesawat lain yang juga akan parkir,” kata Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Israwadi di Jakarta, Senin.

Israwadi mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima manjemen, insiden tersebut juga telah mengakibatkan jatuhnya korban luka sebanyak delapan orang, yang terdiri dari enam staf ground handling Kokapura dan satu orang penumpang, serta satu karyawan PT Angkasa Pura 1 dari bagian Apron Movement Control.

“Seluruh korban segera dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatan perawatan media yang lebih lanjut. Kita memfokuskan pada kondisi para korban. Menegnai kegiatan operasional bandara sendiri saat ini tetap berlangsung normal dan lancar,” katanya.

Insiden itu terjadi pukul 15.40 WIB saat penumpang Batik Air sedang turun dari pesawat, sementara pada saat yang sama terlihat pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan 365 rute Surabaya-Semarang juga sedang menuju parkir di area parking stand 7. Saat itu posisi pesawat Batik Air berada di parking stand 3.

Sebelum memasuki area parking stand 7, pesawat Garuda Indonesia sempat berhenti sebelum memasuki parking stand 7 dan terlihat pesawat menambah power untuk masuk parking stand 7 yang menghasilkan semburan angin kencang dari mesin jet atau jetblast sehingga mengenai tangga pesawat Batik Air 6355 yang sedang parking dan mengakibatkan tangga tersebut jatuh ke arah selatan mengenai beberapa orang.

“Kami informasikan bahwa insiden tadi tidak berpengaruh terhadap kegiatan operasional di bandara. Kami juga menyampaikan simpati yang dalam kepada korban, termasuk korban karyawan kami. Ke depannya kami tetap berupaya dan bekerja sama dengan mitra kerja di bandara untuk meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan dalam bekerja,” kata Israwadi. (Bj/El)