Home News Update Angin Puting Beliung Terjang Gondangrejo Karanganyar

Angin Puting Beliung Terjang Gondangrejo Karanganyar

KARANGANYAR, 6/1 (BeritaJateng.net) – Karanganyar merupakan salah satu wilayah yang sering dilanda bencana angin puting beliung. Salah satunya terjadi di Jatikuwung, Gondangrejo, Karanganyar pada Selasa (5/1) sore. 

Dalam insiden puting beliung tersebut seorang warga bernama Mbah Warso (70) meninggal dunia karena serangan jantung. Di duga kaget karena mendengar suara petir yang cukup keras. 

Hadi Prabowo, salah satu kerabat mbah Warso menceritakan bahwa mbah Warso baru seminggu pulang dari rumah sakit karena penyakit jantung yang dideritanya. 

“Mungkin almarhum kaget saat mendengar suara pertir yang sangat keras,” jelasnya Rabu (6/1). 

Selain itu hujan deras yang disertai angin puting beliung dan kilat yang menyambar membuat belasan rumah rusak, genting berterbangan  dan juga sebuah kandang ayam yang berisi ribuan ekor ayam milik  Kusnanto (53), warga Jatikuwung rusak.

Akibatnya sekitar 4.000 ekor anak ayam yang baru  berusia 5 hari sebagian besar mati. Hitungan sementara diperkirakan Kusnanto mengalami kerugian hingga sekitar Rp 75 juta.

Selain kandang ayam yang rusak, atap dapur milik Januari (30) yang dekat dengan pohon jati juga rusak karena tertimpa pohon jati tersebut. Juga  rumah milik Purwanto roboh  karena tertimpa pohon.

Taat Aris Efendi, ketua RW 006 Jatisari, menyatakan ada sekitar 150 pohon yang ambruk  saat puting beliung melanda desanya.  Sedangkan rumah yang tertimpa pohon ada tiga rumah. 

Siang ini petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar  dibantu dengan anggota TNI dan Polri bergotong royong membersihkan sisa puing di  rumah korban puting beliung di desa Jatikuwung, Gondangrejo, Karanganyar. (BJ24)