Home Lintas Jateng Anggaran Pembangunan Relokasi Sudah Terpenuhi

Anggaran Pembangunan Relokasi Sudah Terpenuhi

image

Semarang, 13/5 (BeritaJateng.net) – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menjelaskan kebutuhan anggaran untuk pembangunan tempat relokasi sementara bagi pedagang Pasar Johar sudah tercukupi.“Kekurangan biaya relokasi pasar (pedagang Pasar Johar, red.) Alhamdulillah sekarang sudah ‘clear’, sudah tertutup semua,” katanya, saat meninjau Pasar Johar Semarang, Rabu (13/5).

Ia menyebutkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengalokasikan anggaran sekitar Rp. 13,5 miliar, sementara Kementerian Perdagangan membantu dengan alokasi dana sekitar Rp. 5 miliar.Sisanya, kata dia, akan dicukupi oleh Pemerintah Kota Semarang dengan alokasi anggaran sekitar Rp. 9 miliar sehingga total kebutuhan biaya relokasi sekitar Rp. 27 miliar sudah terpenuhi.

“Kemendag yang biasanya hanya membantu revitalisasi pasar, ternyata sepakat membantu untuk relokasi pedagang pasar. Kami sangat menyambut positif,” kata Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi.

Hendi menegaskan, pihaknya akan segera menginstruksikan kepada jajarannya untuk segera memproses penunjukan kontraktor yang menangani pembangunan tempat relokasi bagi pedagang Pasar Johar.“Kalau tidak Kamis-Jumat (14-15/5) ini, kawan-kawan akan kami minta lembur untuk memproses penunjukan kontraktor yang akan mengerjakan ini (tempat relokasi, red.) nantinya,” katanya.

Pemkot Semarang, tegas Hendi, berkomitmen agar seluruh pedagang Pasar Johar yang menjadi korban kebakaran sudah bisa menempati tempat relokasi sementara sebelum bulan Ramadhan ini.Berkaitan dengan rencana revitalisasi Pasar Johar, Hendi mengatakan diperlukan DED (detail engineering design) yang dirancang secara cermat, termasuk dari sisi anggaran dan desain, sehingga dalam waktu dua atau tiga tahun kedepan rencana pembangunan secara permanent kemungkinan baru dilaksanakan. (Bj05)

Advertisements