Home Ekbis Aneka Varian Rasa ‘Mooncake’ Hadir Di Grand Candi Hotel Semarang

Aneka Varian Rasa ‘Mooncake’ Hadir Di Grand Candi Hotel Semarang

77
0
              Semarang, 12/9 (BeritaJateng.net) – Awal musim gugur adalah waktu yang indah bagi warga Tionghoa. Malam pertama di musim gugur, bulan berbentuk bulat sempurna dan bersinar cerah. Festival musim gugur ini tiap tahun dirayakan setiap tanggal 15 bulan ke delapan dalam kalender China. Dan pada tahun ini, festival tersebut jatuh pada Jumat, 15 September 2017.
                 Kue bulan menjadi sajian wajib masyarakat Tionghoa, pada perayaan Festival Musim Gugur setiap tahunnya. Di Indonesia, kue bulan biasanya dikenal dalam Bahasa Hokkian-nya, gwee pia atau tiong chiu pia. Sedangkan dalam bahasa Hakka / Khek- nya, yaitu ngie̍t-piáng. Kue bulan tradisional pada dasarnya berbentuk bulat, melambangkan kebulatan dan keutuhan. Namun seiring perkembangan zaman, bentuk-bentuk lainnya muncul menambah variasi dalam komersialisasi kue bulan.
               Di tengah mooncake biasanya berisi kuning telor asin atau bisa disebut yolk. Ini menjadikan mooncake tergolong makanan berat, kaya dengan rasa, dibandingkan dengan kebanyakan pastry model barat. Isi dari mooncake biasanya manis, sedikit berminyak, berupa pasta padat dan liat berada dalam kulit tipis sekitar 2-3 mm.
                Kuning telor asin di dalamnya menyimbolkan bulan purnama dan uang emas. Ini sesuai dengan budaya Tionghoa, di mana segala jenis perayaan biasa dihubungkan dengan kesejahteraan, kemakmuran, kebahagiaan, panjang umur, atau kesehatan.
                   Marketting Officer Grand Candi Hotel Semarang, Agustina Fitri Wahyuniwati mengatakan, Grand Candi Hotel Semarang memproduksi mooncake atau kue bulan dengan berbagai varian rasa seperti Taosa Paste, Lotus Seed Paste, Pandan Paste, Taosa with Yolk, Lotus Seeed with Yolk, Pandan with Yolk.
                 “Dengan harga Rp 399.000,- per box, anda sudah bisa mencicipi 4 pcs mooncake. Dan dengan pembelian 5 kotak, akan mendapatkan gratis 1 kotak. Selain itu, layanan pengantaran tersedia untuk 4 kotak atau lebih dengan batas jarak 10 km dari hotel,” kata Fitri melalui rilisnya, Selasa (12/9). (El)