Home Nasional AMPI Setuju Adakan Uji Publik Balon Kepala Daerah

AMPI Setuju Adakan Uji Publik Balon Kepala Daerah

220
0

Ampi

Jakarta, 31/1 (BeritaJateng.net) – Ketua Umum DPP AMPI Dave Akbarshah Fikarno Laksono menyatakan AMPI sepakat memberlakukan uji publik terhadap bakal calon (balon) kepala daerah menghadapi pilkada serentak pada akhir 2015 atau awalo 2016.

“Melalui uji publik yang menyaring informasi dan masukan dari publik, sehingga dapat diketahui kompetensi, integritas, dan akseptabilitas bakal calon tersebut,” kata Dave Akbarshah Fikarno Laksono di Jakarta, Sabtu.

Menurut Dave Akbarshah, uji publik ini sejalan dengan persyaratan dalam seleksi kepemimpinan di AMPI yakni mempertimbangkan prestasi, kemampuan, integritas, dan loyalitas.

Namun, ia mengusulkan agar uji publik yang dilakukan terhadap balon kepala daerah tidak terlalu lama, tapi ada batas waktunya misalnya hanya tiga bulan, empat bulan, atau enam bulan.

“Jika uji publik dilakukan terlalu lama karena dapat mengganggu tahapan persiapan pilkada yang lain sekaligus menjadi antiklimaks bagi balon kepala daerah,” katanya.

Uji publik merupakan salah satu substansi yang ramai dibicarakan pada persiapan revisi UU Pilkada.

Saat ini Panitia Kerja RUU Pilkada sedang menyiapkan darf RUU Pilkada yang dijadwalkan akan dibawa ke rapat paripurna DPR RI, pada 5 Februari mendatang, untuk disetujui pembahasannya. (ant/BJ)