Home Ekbis Ambisi Dirikan Jateng Park Masih Angan-angan

Ambisi Dirikan Jateng Park Masih Angan-angan

Ilustrasi

Jateng Park

Semarang, 21/1 (BeritaJateng.net) – Proyek pengembangan kawasan wisata Hutan Penggaron atau yang lebih dikenal dengan sebutan jateng park sampai sekarang belom jelas investor yang akan menangani.

Hal ini disebabkan kawasan hutan Penggaron dipandang tidak menarik untuk investasi yang nilainya 1 trilyun atau lebih.

Kendala ini masih ditambah dengan kemampuan calon investor yang beberapa diantaranya ternyata tidak memiliki dana yang signifikan untuk pengembangan kawasan tersebut.

“Sudah beberapa kali calon investor yang mempresentasikan rencananya di depan menteri Kehutanan ternyata tidak memiliki dana yang cukup seperti yang kita harapkan,” ungkap Kepala Divisi Pariwisata Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah Hendro, usai rapat kerja dengan Komisi B DPRD Jawa Tengah, Rabu (21/1).

Walaupun demikian, kondisi tersebut tidak menyurutkan niat Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang didukung oleh Kementerian Kehutanan dan Perum Perhutani untuk mewujudkan proyek monumental tersebut.

Hal ini dipicu provinsi tetangga yang sudah memiliki sarana pariwisata alam yang sudah menjadi destinasi unggulan.

Kepala Dinas Pariwisata Jawa Tengah Prasetya mengungkapkan, tahap awal proses pengembangan kawasan wisata Hutan Penggaron akan dimulai pada tanggal 30 Januari besok dengan akan diadakannya penandatanganan kesepakatan (MoU) antara Kementerian Kehutanan, Pemprov Jateng, Pemkab Semarang dan Perum Perhutani.

“Tahap ini harus kita mulai dulu sambil dilakukan upaya untuk mencari investor,” ungkapnya.

Prasetyo menjelaskan, beberapa tahapan lanjutan setelah penandatanganan MoU seperti penyusunan design, analisis dampak lingkungan (Amdal), pencarian investor sampai penyusunan DED memakan waktu sekitar satu tahun.

“Pembangunan fisik kawasan wisata Penggaron baru bisa dilakukan paling cepat awal tahun 2016 mendatang,” tegasnya. (BJ13)