Home News Update Ambalan Pramuka SMKN 1 Sayung Aksi Bersih Pantai

Ambalan Pramuka SMKN 1 Sayung Aksi Bersih Pantai

3694
0
Musyawarah Gugus gerakan Pramuka SMK Negeri 1 Sayung, di Pantai Pailus , Jepara.

Demak, 22/1 (BeritaJateng.net)  – Gerakan pramuka SMK Negeri 1 Sayung, melakukan aksi sosial dengan bersih – bersih Pantai Pailus, Jepara, Senin (22/1/2018).

Sebanyak 67 anggota pramuka gugus depan ambalan Raden Mas Said dan Dewi Sartika tersebut, bahu membahu membersihkan tumpukan sampah yang berceceran di pantai itu.

Satu persatu sampah dipunguti dan dikumpulkan menjadi satu.

Setelah terkumpul, material sampah yang terdiri terdiri dari plastik, kain, kaleng minuman dan makanan itu, kemudian dibuang di tempat pembuangan sampah.

“Gerakan sosial ini, untuk melatih dan membudayakan para anggota pramuka agar berperilaku hidup bersih,” kata Sutoko, Kepala SMK Negeri 1 Sayung.

Aksi bersih pantai tersebut, dilakukan di sela sela pelaksanaan Musyawarah Gugus (Mugus), karena melihat kondisi pantai yang kotor akibat musim barat dengan arus yang kencang, sehingga menyebabkan banyak sampah di pantai.

“Kegiatan pramuka merupakan ekstra kurikuler wajib di SMK Negeri 1 Sayung, yang diharapkan menjadi tulang punggung pengembangan pendidikan karakter di sekolahan,” ujarnya.

Menurut Pembina Pramuka SMKN 1 Sayung, Miftahul Ulum, pelaksanaan Mugus di Pantai Pailus, karena pantai mempunyai filosofi agar pramuka mampu meneladani semangat kerja keras nelayan, belajar hidup dari nelayan betapa pentingnya hidup hemat. Selain itu pantai juga menjadi penghilang stress bagi banyak orang.

“Disinilah anggota pramuka menjadi contoh bagi masyarakat untuk selalu mengamalkan dasa dharma pramuka sebagai pegangan hidup,” ujarnya.

Dalam Mugus tersebut, Aris Setiawan terpilih sebagai Pradana Putra dan Maisy Diah Pratiwi terpilih sebagai Pradana Putri.

“Mugus di pantai ini, untuk mencari suasana lain agar anggota pramuka punya inovasi dalam menciptakan kondisi pendidikan kepramukaan dengan cara pandang yang berbeda, kegiatan yang menyenangkan penuh kegembiraan tapi sarat dengan nilai Sehingga menjadikan pramuka sebagai ekstrakurikuler yang menarik bagi siswa,” tutupnya. (Bj/El)