Home Lintas Jateng Amankan Natal, Polres Semarang Terjunkan Anjing Pelacak

Amankan Natal, Polres Semarang Terjunkan Anjing Pelacak

Ungaran, 23/12 (Beritajateng.net) – Polres semarang menyiapkan dua anjing pelacak dan satu halicam, untuk mengamankan sejumlah gereja besar. Anjing pelacak ini disiapkan untuk mendeteksi benda mencurigakan, sedangkan halicam disipakan untuk memantau dari udara selama jalannya kegiatan ibadah.

Dua anjing pelacak unit satwa dan halicam milik Polres Semarang ini, ikut dipersiapkan dalam gelar pasukan pengamanan natal dan tahun baru.  

Dua anjing pelacak ini mengikuti gelar, sebelum ditempatkan di sejumlah gereja besar dengan jumlah jamaat banyak. Guna mengantisipasi ancaman selama kegiatan ibadah, sebuah halicam juga dipersiapkan untuk memantau dari udara selama jalannya ibadah.

Helicam yaitu helikopter mainan yang dikendalikan dari jauh, alat ini merupakan inventaris korlantas polri, dan alat ini mampu merekam video selama durasi 20 menit dengan cakupan jarak sampai dengan 15 km.

Sementara itu personil yang disiapkan untuk pengamanan natal dan tahun baru/ dari kepolisian sebanyak 780 personil. bantuan lain dari TNI sebanyak satu pleton, satpol pp, ormas dan dishub serta BPBD Kabupaten Semarang.

Kapolres semarang AKBP Muslimin Ahmad mengatakan, personil gabungan ini akan ditempatkan di 272 gereja di Kabupaten Semarang. gereja-gereja besar akan mendapatkan pengamanan prioritas, mengingat jumlah jamaat yang melaksanakan kegiatan ibadah lebih banyak.

Lima gereja besar, menurut kapolres akan dilakukan pengamanan lebih ketat. Anjing pelacak  akan ditempatkan, untuk mendeteksi benda-benda mencurigakan, yang bisa menganggu jalannya peribadatan. juga telah menyiapkan sarana dan prasarana yang mendukung untuk pemantauan selama ibadah berlangsung, dengan penggunaan halicam yang akan difokuskan di beberapa gereja besar. (ish/bj)