Home Headline Alumni dan Siswa SMKN 1 Sayung Dibekali Pelatihan Motif Ecoprint

Alumni dan Siswa SMKN 1 Sayung Dibekali Pelatihan Motif Ecoprint

250

DEMAK, 3/12 (BeritaJateng.net) – SMKN 1 Sayung Demak membekali para siswa dan alumni dengan pelatihan-pelatihan. Pelatihan tersebut guna meningkatkan karakter wirausaha, sehingga mereka memiliki kemampuan dalam berpikir kreatif dan berperilaku inovatif sebelum terjun ke masyarakat.

Salah satunya pelatihan membuat motif kain dengan metode ecoprint. Metode ini dapat menjadi peluang usaha yang dapat dilakukan dari rumah.

Metode mencetak motif pada kain ini sangat mudah dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan yang terdapat di alam sekitar, seperti dedaunan, bunga yang ada di sekitar masyarakat.

Pelatihan ini dibimbing langsung oleh Nurnaningsih , pelaku usaha ecoprint dari Yogyakarta.

Pelatihan tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan seperti mencuci tangan sebelum acara dimulai, memakai masker serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Pertimbangan kami adalah metode ini ramah lingkungan, bahan mudah didapat di lingkungan sekitar. Disamping itu bisa dijadikan pilihan usaha untuk meningkatkan penghasilan keluarga dan masyarakat,” kata Santoso Kepala SMKN 1 Sayung.

Teknik pembuatan motif dengan metode ecoprint , ini diawali dengan menghilangkan lemak dan kanji pada kain yang disebut teknik mordanting.
Perlakuan awal ini dimaksudkan agar warna daun dapat meresap dengan baik pada kain. Teknik ecoprint ada teknik pounding yang menggunakan palu besi untuk memukul- mukul daun pada kain, setelah itu difiksasi untuk memperkuat warna yang muncul pada kain.

“Untuk teknik medium, dilakukan dengan cara dedaunan diletakkan diantara kain, dialasi plastik bening kemudian diikat seperti lontong dan dikukus,” kata Sri Sumaryani Ketua Kompetensi Keahlian Tata Busana SMKN 1 Sayung.

Dedaunan yang dapat digunakan untuk ecoprint yakni daun yang memiliki pigmen seperti daun jati, daun jarak, daun mindi, daun jarak, daun insulin.
“Sedangkan untuk memberi efek warna pada teknik ecoprint medium, menggunakan pewarna alami seperti jolawe, tingi dan tegeran,”ucap Bu Yani sapaan akrabnya. (El)