Home Ekbis Alfamart Dukung Aturan Pelarangan Kantong Plastik di Semarang

Alfamart Dukung Aturan Pelarangan Kantong Plastik di Semarang

591
Alfamart Dukung Aturan Pelarangan Kantong Plastik di Semarang

Semarang, 15/1 (BeritaJateng.net) – Alfamart menyambut baik peraturan yang tujuannya untuk kebaikan lingkungan, seperti oleh Pemkot Semarang yang di dalamnya memuat pelarangan penggunaan kantong plastik sekali pakai di tempat perbelanjaan seperti toko, swalayan, dan pasar rakyat.

Corporate Communication GM Alfamart, Nur Rachman menjelaskan bahwa Alfamart tentu akan mengikuti peraturan tersebut. Karena perusahaan peduli terhadap kelestarian lingkungan, dan merasa perlu ikut benkontribusi salah satunya melalui upaya pengurangan kantong plastik sekali pakai.

Bahkan sejak Bulan Maret 2109 pun, Alfamart seluruh Indonesia sudah menerapkan kantong plastik tidak gratis (KPTG) dengan tujuan masyarakat mulai bisa mengurangi ketergantungan terhadap kantong plastik sekali pakai. Efek dari program KPTG berhasil mengurangi sebesar 38% konsumsi kantong plastik dibanding sebelum program tersebut mulai aktif.

Beberapa daerah seperti Pulau Bali, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Banjarmasin, Kota Jambi atau Kota Semarang yang sudah menerapkan aturan serupa terlebih dulu dan tidak berdampak pada penjualan Alfamart di sana.

“Masyarakat tetap bisa membeli kebutuhannya di Alfamart meski tidak lagi diberikan kantong plastik, berjalan seperti biasa saja” ungkapnya.

Sebagai pengganti kantong plastik, masyarakat bisa menggunakan alternatif dengan menggunakan tas belanja yang disediakan dengan harga terjangkau mulai Rp 4.000. (El)