Home Headline Alat PCR di UPTD Labkes Blora Hanya Periksa Satu Gen

Alat PCR di UPTD Labkes Blora Hanya Periksa Satu Gen

BLORA, 7/4 (BeritaJateng.net) – Alat PCR yang dimiliki Unit Peaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratotium Kesehatan di Kabupaten Blora hanya memeriksa satu Gen yakni Gen RdRP saja, sedangkan diluaran gen virus corona selain RdRP ada 4 gen lagi yaitu gen E, ORF, N, dan S.

Keterbatasan Gen yang diperiksa di periksa di UPTD Labkes Blora membuat kendala bagi Kanker itu sendiri. Karena jika di periksa di Blora hasilnya negatif belum tentu di Labkes lain seperti semarang negatif, bisa saja positif. Ini dikarenakan ada gen lain yang belum terdeteksi.

Namun jika diperiksa di Labkes Blora hasilnya positif sudah barang tentu hasilnya positif pula.

Kepala UPTD Labkes Blora Sri Miningsih mengatakan pihaknya baru mengajukan satu gen lagi untuk bisa diperiksa di Labkes Blora agar hasilnya bisa akurat.

“Kita sudah ajukan satu gen lagi untuk bisa diperiksa di Labkes ke Dinas Kesehatan Blora dan Kementrian kesehatan, agar hasilnya mendekati akurat, “ungkap Sri Miningsih saat ditemui iNews.id (Rabu, 7/4).

Menurut Sri Miningsih sejak dibukanya pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) di UPTD Labkes Blora 6 Januari lalu hingga saat ini kurang lebih ada 1000an lebih pasien yang diperiksa.

“Sudah sekitar 1100 an yang sudah kita periksa, namun saat ini kita berhenti dulu, karena menunggu gen yang kami usulkan. Kalau rekomendasi WHO minimal 3 gen, namun dari Kemenkes dua gen cukup, jadi kita sudah usulkan satu gen lagi untuk bisa diperiksa di Labkes Blora,” pungkasnya. (Ak/El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 + 18 =