Home Lintas Jateng Aktivitas Tambang Galian C, Rusak Area Persawahan Warga

Aktivitas Tambang Galian C, Rusak Area Persawahan Warga

Tambang galian C dengan alat berat dikeluhkan warga karena merusak area persawahan.
Tambang galian C dengan alat berat dikeluhkan warga karena merusak area persawahan.
Tambang galian C dengan alat berat dikeluhkan warga karena merusak area persawahan.

Jepara, 30/07 (BeritaJateng.net) – Tambang galian C banyak terjadi di wilayah Kabupaten Jepara. Sebagian besar tambang galian C dikeluhkan warga, karena berdampak terhadap kerusakan lingkungan sekitar lokasi, terutama area persawahan.

Lokasi tambang galian C yang dikeluhkan warga diantaranya berlokasi di Desa Kaligarang, Kecamatan Keling. Salah satu warga Desa setempat yang juga petani, Supri mengatakan, aktivitas pertambangan galian C di Desa Kaligarang berdampingan dengan area persawahan.

“Para penambang mengeruk dengan alat berat, akibatnya sawah yang berada di atasnya longsor,” kata Supri dengan nada kesal.

Menurutnya, aktifitas pertambangan dengan mengeruk tanah untuk mengambil batu itu telah dimulai sejak sekitar empat tahun lalu dan hingga kini aktifitasnya masih berlangsung. Meski lokasinya cukup jauh dari pemukiman warga, namun dirinya menyesalkan lantaran dengan aktifitas itu, dia sulit mengairi sawah.

“Setiap musim kemarau, petani kesulitan mendapatkan air untuk mengairi sawah,” keluhnya.

Meski telah berlangsung lama, warga tak bisa berbuat banyak untuk menghetikan tambang galian C tersebut. Keluhan itu telah disampaikan ke kepala desa setempat, namun tak mapu mengatasi. “Kata kepala desa, pihak desa telah melaporkan ke Pemkab Jepara, namun belum ada tindak lanjut,” pungkasnya.(BJ18)