Home Headline Aksi Pungut Sampah Di Area CFD Semarang Peringati World Cleanup Day 2018

Aksi Pungut Sampah Di Area CFD Semarang Peringati World Cleanup Day 2018

1441
0
Aksi Pungut Sampah Di Area CFD Semarang Peringati World Cleanup Day 2018
       SEMARANG, 16/9 (BeritaJateng.net) – Aksi pungut sampah di area ‘Car Free Day’ (CFD) Semarang dilakukan para muda mudi dan pejabat pemerintah untuk memperingati World Cleanup Day (WCD) 2018, Minggu (16/9). Hal ini dilakukan usai aksi serentak yang pada Sabtu (15/9) di seluruh penjuru dunia.
       Aksi pungut sampah di area CFD dilakukan dengan rute Jl Pahlawan-Jl Pandanaran-Simpanglima-Jl Pahlawan, sejumlah anggota, relawan, dan masyarakat memunguti sampah di sekitar lokasi.
       Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang, Muthohar mengatakan, kegiatan WCD 2018 memiliki manfaat yang cukup luar biasa. Dengan menutup aksi tersebut membersihkan sampah di area CFD, secara tidak langsung masyarakat juga diajak untuk ikut serta membersihkan area CFD.
       “CFD ini kan yang datang sangat banyak. Bukan hanya masyarakat Semarang, dari luar kota dan kabupaten juga ada. Banyak manfaat yang bisa didapatkan, seperti kebersihan lingkungan, kesehatan, dan komunikasi yang terjalin,” papar Muthohar.
       Berkaitan dengan sampah di Kota Semarang, bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota saja tetapi juga masyarakat. Pihaknya berharap kegiatan aksi bersih sampah tidak hanya berhenti saat ini, tetapi masyarakat memiliki kesadaran untuk turut membuat Semarang bersih.
        “Saat ini, kepedulian warga Kota Semarang terhadap sampah sudah cukup bagus. Kami dari DLH juga sudah meletakkan beberapa tempat sampah di titik-titik keramaian,” ujarnya.
       Koordinator World Cleanup Day 2018 Regional Jateng, Yudho mengatakan, WCD kali ini merupakan gerakan pertama di Jateng yang berpusat di Kota Semarang. Gerakan tersebut bertujuan membudayakan peduli lingkungan di masyarakat.
       “Tahun ini hambatannya memang cukup rumit, tetapi kami bisa memenuhi target yakni satu juta warga Kota Semarang ikut berpartisipasi dalm WCD 2018. Tahun ini, kami memang fokus di gerakan-gerakan, ke depan kami akan membuat program-program yang lebih baik dan optimal,” kata Yudho.
        Selain membersihkan sampah, pihaknya juga melakukan beberapa kegiatan, seperti memberikan edukasi ke sekolah-sekolah dan beberapa instansi terkait pentingnya menjaga lingkungan. Selain itu, edukasi tentang pemilahan sampah dan pengolahannya agar menjadi barang yang bernilai dan memberikan manfaat lebih juga dilakukan.
        “Bersama-sama dengan masyarakat kami ingin bergerak. Memunguti sampah dan membuangnya ke tempat sampah. Dengan adanya kepedulian di masing-masing diri masyarakat, nantinya jika melihat ada sampah dan tidak terdapat tempat sampah di situ, mereka akan memasukkannya ke kantong dan membuang sampah tersebut ketika sudah menemukan tong sampah,” tutup Yudho. (El)