Home Headline Aksi Hari AIDS Sedunia, Bagikan Seribu Bunga

Aksi Hari AIDS Sedunia, Bagikan Seribu Bunga

1180
0

Semarang, 03/12 (Beritajateng.net) – Peringatan hari AIDS sedunia, yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2017 lalu, dilakukan oleh sejumlah LSM dan relawan penggiat dan peduli HIV AIDS, seperti LSM Lentera ASA, yang diketuai oleh Ari Istiyadi.

Aksi kali ini, selain diisi dengan orasi juga diisi dengan giat berbagi seribu bunga.

Menurut Ari, panggilan akrab Ari Istiyadi, berbagi bunga adalah simbol kasih sayang terhadap sesama manusia. Karena hingga hari ini, masih banyak masyarakat yang mendiskriminasikan para ODHA atau Orang Dengan HIV AIDS. Padahal seharusnya, kita lebih baik memberikan motivasi kepada para ODHA agar dapat menjalani hidup mereka normal.”Masih banyak mas, stigma negatif yang diberikan atau ditujukan kepada ODHA, padahal belum tentu virus HIV yang didapat para ODHA akibat dari perilaku mereka. Bisa saja ODHA tertular akibat kelalaian orang lain,” ungkap Ari saat ditemui di kantor Lentera ASA (03/11).

Ari mencontohkan, kasus di Kamboja, saat dimana seorang pendeta tiba-tiba di vonis sebagai ODHA, masyarakat dan pengikutnya langsung marah dan menuduh pendeta itu sebagai pendosa penganut seks bebas. Padahal setelah ditelusuri, sang pendeta terinfeksi virus HIV akibat kelalaian dokter yang menyuntiknya dengan jarum suntik bekas yang sudah terinfeksi virus Human Immunodeficiency Virus atau HIV. “Banyak penghakiman kepada ODHA, bahwa mereka terinfeksi karena berperilaku negatif, padahal belum tentu,” sebut Ari.

Lentera ASA mengajak masyarakat untuk bijaksana saat menghadapi ODHA, jauhi penyakitnya, namun tetap dekati orangnya. (NG/BJ)