Home Kesehatan Akreditasi Puskesmas Diharapkan Berjalan Secara Profesional

Akreditasi Puskesmas Diharapkan Berjalan Secara Profesional

307
0
Akreditasi Puskesmas Diharapkan Berjalan Secara Profesional
         KAJEN, 26/9 (BeritaJateng.net)  – Sekretaris Daerah (Sekda) Dra. Hj. Mukaromah Syakoer, MM., mewakili Bupati Pekalongan menghadiri dan memberikan sambutan acara Opening Ceremony Survey Akreditasi Puskesmas untuk Puskesmas Doro I, Puskesmas Doro II dan Puskesmas Kajen II, di Hotel Horison Pekalongan, Selasa (25/9/2018) malam.
       Sekda dalam sambutan mengungkapkan bahwa akreditasi Puskesmas bukan semata-mata hanya mengejar sebuah sertifikat, tetapi akreditasi ini adalah sebuah bentuk pengakuan dari lembaga eksternal yaitu lembaga ahlinya Komisioner Akreditasi.
       “Setelah diakreditasi, nanti kita akan lihat apakah pelayanan yang ada di Puskesmas sudah sesuai dengan norma yang ada atau sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku,” ujar Sekda.
       Karena itu Sekda mengharapkan dalam pelaksanaan survey akreditasi tersebut harus dilaksanakan secara profesional, tidak ada yang ditutup-tutupi, apabila belum layak mendapatkan akreditasi jangan dipaksakan, sebagai bahan evaluasi dan penilaian pelayanan apakah baik atau buruk.
       “Saya titip kepada tim surveyor agar Puskesmas yang diakreditasi ini pelayanannya akan lebih baik sesuai dengan mutu pelayanan yang berkualitas, berkesinambungan dan berkelanjutan karena Puskesmas ini merupakan pelayanan dasar. Kepada seluruh Kepala Puskesmas dan jajaran, segera menindaklanjuti apapun rekomendasi dari tim surveyor. Jangan ditutup-tutupi. Semoga Puskesmas ini semakin baik, semakin mengedepankan mutu pelayanan yang ada di Kabupaten Pekalongan,” harapnya.
        Sementara Plt Kepala Dinas Kesehatan Setiawan Dwi Antoro, menjelaskan bahwa bulan ini 6 Puskesmas akan menjalani akreditasi, berikutnya sampai Desember 10 Puskesmas, sehingga 26 Puskesmas semua terakreditasi, karena sebelumnya 10 Puskesmas sudah menjalani proses yang sama. (ST/El)