Home Headline Ajak Orang Tua Sukseskan Gernas Baku

Ajak Orang Tua Sukseskan Gernas Baku

153
0
Para orang tua siswa TK Universal Ananda terlihat akrab membaca buku bersama putra-putrinya.
       KENDAL, 6/5 (BeritaJateng.net) — Banyak hal bisa dilakukan untuk memacu anak gemar membaca. Salah satunya dengan membacakan buku pada anak saat waktu luang.
        Seperti dilakukan TK Universal Ananda dalam dalam sosialisasi gerakan membaca nasional orang tua membacakan buku (Gernas Baku). Sokolah beralamatkan di Purin, Patebon itu mengajak orang tua membacakan buku bagi anak.
        Berbagai buku disediakan oleh Yayasan TK Ananda. Mulai dari buku cerpen, dongeng kisah-kisah tokoh dan sebagainya. Dimana dari buku itu bisa menginspirasi pertumbuhan anak.
        Terlihat puluhan orang tua, baik ibu-ibu maupun bapak-bapak yang datang terlihat antusias membaca buku cerita bersama anaknya. Sembari duduk dan bercanda ria, para orang tua itu membacakan buku dengan intonasi yang dapat dipahami anaknya. Terlihat anak juga serius mendengarkan orang tua sembari melihat buku dan gambarnya.
Para orang tua siswa TK Universal Ananda terlihat akrab membaca buku bersama putra-putrinya.
         Ketua Yayasan Nunik Pusporini mengatakan Gernas Baku ini memang bertujuan untuk membangun dan mengeratkan hubungan emosional antara orang tua dan anak. “Mungkin gerakan ini sudah  dilakukan orang tua dirumah. Tapi dengan gerakan ini, orang tua bisa memberikan porsi lebih kepada buah hatinya untuk membacakan buku kapan saja dan dimana saja,” tuturnya.
         Dengan gerakan ini, diharapkan tumbuh kesadaran pada orang tua untuk meluangkan waktu meski hanya sejenak membaca buku bersama anaknya. Selain itu membacakan buku juga dapat merangsang pertumbuhan motorik dan kognitif anak.
         “Gernas baku ini juga akan menumbuhkan minat baca buku pada anak sejak dini. Sebab mereka penasaran ingin membaca dan mengetahui isi buku yang mereka lihat. Jadi ini juga salah satu metode mengajarkan membaca tanpa paksaan. Karena akan akan penasaran dan bertanya kepada orang tua atau gurunya,” tandasnya.
         Program Gernas Baku ini menurutnya juga untuk dapat memacu anak untuk cerdas dalam menulis. Sebab mereka sudah terbiasa melihat tulisan buku-buku yang dibacakan orang tuanya. “Jadi otomatis anak bisa membaca dan menulis,” tuturnya.
         Salah satu orang tua siswa, Evy Lestari mengaku sangat senang dengan kegiatan sosialisasi Gernas Baku ini. Menurutnya, gerakan ini juga sebagai penyadaran orang tua untuk lebih peduli terhadap pendidikan dan masa depan anak.
         Selain itu Gernas Baku juga membuat cinta kasih orang tua dengan anak terjalin erat. “Anak jadi aktiv bertanya dan mencermati penjelasan yang kita berikan. Jadi sekaligus  mengajari anak membaca dan memberikannya inspirasi,” akunya. (STY/El)