Home Headline Air Waduk Tempuran Blora Mulai Mengering

Air Waduk Tempuran Blora Mulai Mengering

510
Air Waduk Tempuran Blora Mulai Mengering
       BLORA, 13/8 (BeritaJateng.net) – Waduk Tempuran di Desa Tempuran, Kecamatan Blora kini mulai mengering. Terlihat dibagian timur Waduk Tempuran airnya sudah mulai habis. Hanya menyisakan air dibagian tengah. Bagian tepinya sudah kering. Bahkan, tanahnya retak-retak karena tidak ada air.
       Sekarang air Waduk Tempuran hanya menyisakan dibagian barat, yang masih digunakan untuk latihan dayung.
       Diprediksikan selama 2018 air Waduk Tempuran bakal habis. Karena tahun ini kemarau akan lebih panjang,” ujar Giono Operator Waduk Tempuran, Sabtu (11/8/2018).
       Saat ini, air di waduk tempuran hanya menyisakan 10 persen saja. Padahal jika kondisi normal, air di waduk tempuran bisa mencapai 2 juta meter kubik. Dengan kondisi saat ini, praktis air di waduk tempuran tidak bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan air bagi warga Blora.
       “Airnya tidak bisa lagi dimanfaatkan oleh warga sekitar. Apalagi bagi pertanian di sekitar waduk. Meskipun bisa itu hanya sedikit dan mesin pemompanya juga harus mengunakan yang mesin kecil, bukan yang besar,” lanjutnya.
       Sementara itu, Subroto warga sekitar mengatakan, kekeringan ini sudah terjadi sejak dua bulan lalu. Dan paling terparah memang baru-baru saja, sampai dibagian timur sudah mulai surut. Tapi untuk warga sendiri tidak terlalu keksusahan untuk mencari air. Karena untuk air di Waduk Tempuran bukan digukana untuk air minum.
       ”Kalau kebutuhan air minum kami mengisi dari sumber air dari gunung sayuran,” jelasnya.
       Menurutnya, dengan adanya kekeringan terpaksa sawah tidak lagi ditanami setelah panen kemarin. Karena ditakutkan pasokan air habis dan tidak bisa mengairi sawah, malah merugikan petani.
       Akibat persediaan di Waduk tempuran habis. PDAM Blora kini mengurangi Pasokan Air di Blora. Dari 3.812 pelanggan, PDAM hanya bisa melayani 1.000 pelanggan.
(MN/EL)