Agar Pilgub Tak Seperti DKI, Juliari Minta Pemda Pererat Semua Komponen Masyarakat

Agar Pilgub Tak Seperti DKI, Juliari Minta Pemda Pererat Semua Komponen Masyarakat
       Semarang, 13/6 (BeritaJateng.net) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Juliari P Batubara mengingatkan pemerintah daerah untuk kian mempererat antarkomponen masyarakat menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018.
     “Peran pemda sangat besar, baik pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota,” katanya, saat kunjungan kerja dan buka puasa bersama kader PDI Perjuangan di lingkup Daerah Pemilihan Jateng 1 di Semarang, Selasa.
     Ari, sapaan akrab Juliari tidak ingin pengalaman Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta yang terus-menerus menjadikan perbedaan, terutama agama sebagai komoditas politik terjadi pada Pilgub Jateng.
     Melalui aparatnya, kata anggota DPR RI yang membawahi Dapil Jateng 1, meliputi Kota Semarang, Salatiga, Kabupaten Semarang, dan Kendal itu, pemda harus lebih sering turun untuk “mendinginkan” masyarakatnya.
     “Terus sosialisasikan bahwa kita ini semua bersaudara dan bersatu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di bawah Pancasila. Ini harus intens agar rakyat tidak mudah dipecah belah,” kata Wakil Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan itu.
     Mengenai Pilgub Jateng 2018, ia optimistis PDI Perjuangan bakal kembali memenangi ajang pesta demokrasi itu dengan strategi dan perhitungan yang akan dibuat secara lebih akurat mendekati pelaksanaannya.
     Diakuinya, persaingan yang terjadi pada Pilgub Jateng 2018 dimungkinkan akan lebih ketat karena mendekati momentum Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, serta Pemilihan Umum Legislatif 2019.
     “Ya, persaingannya (Pilgub Jateng, red.) akan lebih ketat, lebih ‘panas’ karena mau Pilpres dan Pileg. Namun, kami tetap optimistis menang,” kata Ari yang juga Ketua Panitia Kerja Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) DPR RI itu.
     Sejauh ini, kata dia, PDI Perjuangan juga belum menentukan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung dalam Pilgub 2018, sebab nanti ada tahapan-tahapan yang harus dilalui, salah satunya penjaringan.
     “Penjaringan bakal calon saja kan belum. Ya, nanti saat penjaringan akan kami jaring sebanyak-banyaknya bakal calon. Ya, bisa saja dari internal partai atau eksternal juga dibolehkan ikut penjaringan,” pungkasnya. (El)

Tulis Komentar Pertama