Home Lintas Jateng Afni Fastabiq Strata Dinobatkan Pahlawan Kemanusiaan

Afni Fastabiq Strata Dinobatkan Pahlawan Kemanusiaan

1202
0
Afni Fastabiq Strata Dinobatkan Pahlawan Kemanusiaan
       KAJEN, 18/9 (BeritaJateng.net) – Relawan PMI Kabupaten Pekalongan Afni Fastabiq Strata, yang gugur ketika bertugas menangani tanggap darurat gempa di Lombok dinobatkan sebagai pahlawan kemanusiaan. Gelar tersebut diberikan secara langsung oleh Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita dalam acara Temu Karya Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Tingkat Nasional VI di Komplek Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, baru-baru ini.
       Ketua PMI Kabupaten Pekalongan Arini Harimurti mengatakan, Pemerintah Indonesia mengucapkan terimakasih atas kontribusi dan kepahlawanan Afni Fastabiq Strata dalam berbagai masalah kemanusiaan di Indonesia, khususnya dalam penanggulangan bencana gempa bumi di Lombok.
       “Afni Fastabiq Strata telah bekerja ikhlas, tulus dan penuh dedikasi dalam berbagai masalah kemanusiaan baik di daerah maupun luar kota selama massa hidupnya. Perjuangannya, tidak akan sia-sia, darma baktinya akan selalu dikenang dan menjadi penyemangat dalam tugas kemanusiaan di manapun,” tuturnya.
        Arini juga menyatakan kebanggaannya menjadi bagian dari keluarga PMI. “Dari Almarhum Tata, kami belajar tentang arti kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, kesemestaan yang merupakan tujuh prinsip dasar gerakan PMI dan Bulan Sabit Merah Internasional. Mudah-mudahan amalnya diterima dan berikan tempat paling terbaik di sisi Allah,” terangnya.
       Terpisah Kepala Markas PMI Kabupaten Pekalongan Addy Prabowo mengatakan, gugurnya Afni Fastabiq Strata Utama atau yang akrab disapa Tata ini menjadi kali ketiga PMI asal Kabupaten Pekalongan kehilangan relawannya yang tengah bertugas dalam operasi tanggap darurat kemanusiaan.
       “Tata, sapaan Afni, bertugas di Lombok sejak 18 Agustus 2018 dan berabung dalam Tim WASH (Water Sanitation Hygiene) PMI untuk bertugas selama 1 bulan di Lombok. Jasa dan pengorbanannya tidak akan kami lupakan sampai kapanpun,” katanya. (ST/El)