Ada Kutu di Stok Beras Bulog…Kok Bisa Ya?

Sidak beras di gudang beras Bulog, yang berada di kawasan Mangkang, Semarang, dilakukan Ombusman Jawa Tengah. Dalam sidak tersebut, ditemukan beras berkutu dan penurunan mutu. Selain itu, Ombusman Jateng juga menemukan tumpukan beras Raskin bulan Oktober 2016 yang belum di salurkan.

beras-2

Terkait temuan adanya beras berkutu, Ombusman meminta pihak Bulog untuk rutin melakukan Fungigasi dan Spray secara berkala, sehingga kualitas beras tetap terjaga, sebelum didistribusikan kemasyarakat. Terkait beras Raskin yang belum didistribusikan , Ombusman meminta pihak Bulog untuk segera didistribusikan.”kami akan minta pihak Bulog untuk menangani dua masalah ini.Kami akan cek kembali bila perlu untuk memastikan kedua masalah sudah terselesaikan,” ujar Sabaruddin Hulu, selaku plt Kepala Ombusman Jateng.

beras-3

Sebelumnya tim dari Ombusman Jateng melakukan pantauan di Bulog di sejumlah daerah, seperti Pati , Grobogan, Kudus dan Temanggung. Dari pantauan tersebut, yang menjadi perhatian, adalah jumlah pegawai pengawas beras dan peralatan yang dimiliki Bulog. Ada beberapa gudang yang belum tersedia uji lab untuk melakukan uji mutu beras.
Sementara itu pihak gudang Bulog Mangkang menjelaskan, terkait tumpukan Raskin bulan Oktober 2016 tersebut, tidak di salurkan karena takut belum adanya kebijakan dari pusat , kebijakan penyaluran raskin sendiri baru muncul bulan April 2017.”Kami hanya menunggu kebijakan pemerintah terkait Raskin yang baru keluar bulan April 2017. Ini hanya sisa saja yang ada di gudang,” jelas Kepala Gudang Bulog Mangkang, Suudi Mut’in.
Ombusman Jawa Tengah berharap agar Bulog lebih meningkatkan mutu kualitas beras sebelum di salurkan ke masyarakat ,sehingga tidak lagi temuan beras raskin yang tidak berkualitas.(BJ/NG)

Tulis Komentar Pertama