Home News Update Ada Antena Pemancar Pada Rumah WNA yang Digerebek

Ada Antena Pemancar Pada Rumah WNA yang Digerebek

image

Semarang, 29/4 (Beritajateng.net)-Aparat Polrestabes Semarang terus melakukan pemeriksaan terhadap 40 warga negara asing (WNA) asal Taiwan dan Tiongkok. 

Dalam hasil pemeriksaan petugas menemukan sejumlah bukti alat baru berupa sebuah antena pemancar atas rumah. Diduga pemancar tersebut digunakan untuk melancarkan aksi.

Kasat Reskrim Polrestabes Semarang AKBP Sugiarto mengatakan selain menemukan alat bukti baru, pihaknya juga melakukan pendataan untuk dilakukan pemeriksaan terhadap puluhan WNA tersebut. “Nanti usai kami data selesai, mereka semua akan kami serahkan ke pihak Imigrasi,” katanya.   

Sugiarto menambahkan terkait penanganan selanjutnya kasus ini, pihaknya sudah berkordinasi dengan Bareskrim Mabes Polri yang kemudian melakukan kordinasi juga dengan kepolisian di negara asal puluhan WNA tersebut. “Jadi akan koordinasikan dengan pihak interpol. Selanjutnya karena  tidak ada kejahatan yang dilakukan di Semarang,”ujarnya.

Lebih lanjut Sugiarto menjelaskan jaringan penipuan melalui kontak telepon yang dilancarkan pelaku dengan modus menyasar korban di Tiongkok dan Taiwan ini merupakan jaringan terputus. “Mereka tidak mengetahui siapa bosnya saat diinterogasi. Jadi Mereka hanya kerja menjalankan perintah untuk menelpon secara acak ke Taiwan dan Tiongkok,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya sebuah rumah mewah di Jalan Merapi No.18 Semarang digerebek Aparat Polrestabes Semarang. Dalam penggerebekan didalam rumah tersebut terdapat 40 warga negara asing (WNA). Puluhan WNA tersebut diduga melakukan praktik penipuan via telepon dengan target negara masing-masing. Dari keterangan sementara, disita 36 paspor. Dari jumlah tersebut 29 paspor teridentifikasi pemiliknya sedangkan 7 paspor tidak diketahui pemiliknya karena diduga kabur dan diperkirakan 4 orang tidak memiliki paspor.(BJ04)