Home Hukum dan Kriminal 73 Napi Rutan Jepara Dapatkan Remisi Hari Raya Lebaran

73 Napi Rutan Jepara Dapatkan Remisi Hari Raya Lebaran

1277
Kepala Rutan Jepara Sri Yanti, saat menyaksikan penyembelihan hewan korban.
Kepala Rutan Jepara Sri Yanti, saat menyaksikan penyembelihan hewan korban.
Kepala Rutan Jepara Sri Yanti, saat menyaksikan penyembelihan kambing di Rumah Tahanan Jepara.

Jepara, 30/6 (BeritaJateng.net) – Sebanyak 73 nara pidana mendapatkan remisi hari raya pada moment lebaran tahun ini. Pengajuan remisi tersebut sudah disampaikan oleh Rumah Tahanan (Rutan) Jepara kepada Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa Tengah dalam pekan lalu.

Kepala Rutan Jepara Sri Yanti menerangkan pengajuan ke Kanwil KumHAM Jateng pada 12 Juni lalu. Ditambahkan, penerima remisi sebanyak 71 napi merupakan laki-laki. Sedangkan sisanya adalah napi perempuan.

Dia menjelaskan,  remisi ini terdiri dua jenis remisi I dan II. Remisi I diberikan kepada 72 narapidana yang tak langsung bebas pada saat perayaan lebaran. Sedangkan seorang mendapatkan remisi khusus II.

“Ketika mendapatkan remisi lebaran itu terpidana itu langsung dapat menghirup udara bebas alias langsung bebas,” jelas Sri Yanti.

Dia mengatakan, penerima remisi khusus tersebut mendapatkan dua remisi sekaligus. Yakni remisi khusus II sebanyak satu bulan 17 hari, dan remisi lanjut usia karena usia lebih dari 70 tahun, sebanyak lima bulan.

Secara umum, jelasnya, napi yang mendapatkan pengurangan hukuman bervariatif. Remisi diberikan sebanyak 15 hari, satu bulan, 1,5 bulan, hingga dua bulan. 

Pihaknya mengatakan, napi yang masa pidananya di atas enam bulan tidak mendapatkan remisi nihil. Dia menyampaikan semua napi dua tahun ini sanggup menaati peraturan. Dengan demikian mereka berhak mendapatkan remisi.

“Pada tiga tahun lalu, ada dua napi yang tak mendapatkan remisi. Sebab mereka berusaha kabur dari penjara,” ujarnya.

Sebanyak 134 napi tak mendapatkan remisi karena belum memasuki minimal enam bulan masa pidana. Sedangkan tahanan di Rutan Jepara mencapai 127 orang.

Pihaknya juga akan juga memberikan remisi HUT RI 17 Agustus. Sebanyak 62 napi bakal mendapatkan remisi saat perayaan dirgahayu kemerdekaan Republik Indonesia. Pengurangan hukuman itu diberikan juga variatif mulai satu hingga enam bulan.

“Diharapkan pemberian remisi dapat memberikan motivasi pada napi lainnya untuk bekerjasama menunjukkan itikad baik selama menjalani hukuman di Rutan Jepara. Sehingga, bila nanti bebas dan berbaur dengan masyarakat dapat terus termotivasi berbuat baik,” tutupnya. (Bj18)

Advertisements