Home News Update 6.160 Mahasiswa Unnes Ikuti Orientasi Studi Mahasiswa Bar

6.160 Mahasiswa Unnes Ikuti Orientasi Studi Mahasiswa Bar

IMG_20150819_115017

Semarang, 19/8 (BeritaJateng.net) –¬†Sebanyak 6.160 mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang (Unnes), telah melakukan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) di lapangan atletik Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas bekerjasama dengan BEM Fakultas.

“Ada sebanyak 6.160 mahasiswa membentuk logo Unnes baru. Selain itu, puluhan penari mengelilingi bunga teratai yang sedang mekar pelan-pelan terlihat kuncupnya melambangkan Unnes,” kata Wakil Ketua BEM Unnes, Ulil Albab, Rabu (19/8) pagi.

Lambang Unnes memiliki makna sebagai berikut, Kuncup bunga teratai berhelai tiga berwarna merah dan putih, bermakna jiwa semangat Unnes dalam berinovasi untuk mengembangkan perguruan tinggi bertaraf internasional berlandaskan Pancasila, UUD 1945, dan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sayap mengepak berwarna kuning emas berhelai delapan menunjukkan Unnes yang dinamis dengan berbasis pada delapan nilai konservasi yakni inspiratif, humanis, kepedulian, inovatif, kreatif, sportifitas, kejujuran, dan keadilan.

Kemudian, Pencitraan siluet Tugu Muda di bagian tengah yang diapit oleh dua kepakan sayap melambangkan semangat perjuangan dan identitas Unnes yang berasal dari Semarang. Lambang tersebut bermakna, Unnes dalam perkembangannya diharapkan dapat berkiprah dalam berbagai kancah, baik secara lokal, nasional, maupun internasional.

Ulil menambahkan, tulisan UNNES dan Universitas Negeri Semarang dengan warna biru melambangkan kemuliaan sebagai rumah ilmu pengembang peradaban unggul yang menghadirkan kebermanfaatan bagi semesta.

Rektor Unnes, Prof. Fathur menyampaikan, perubahan logo Unnes pada dasarnya tidak mengalami perbedaan secara total apabila dibandingkan dengan logo sebelumnya.

Semangat Unnes sebagai penyelenggara pendidikan tinggi yang mencetak tenaga-tenaga profesional dalam berbagai bidang kian terejawantahkan ke dalam logo baru yang lebih dinamis dan modern.

Semangat itu diharapkan dapat tertularkan kepada segenap sivitas akademika Universitas Negeri Semarang tanpa terkecuali. Hal itu dijelaskan oleh Ketua BEM FMIPA Unnes, Bayu di lapangan atletik Fakultas Ilmu Keolahragaan, Rabu (19/8) pagi. (BJT01)