Home Headline 57 Warga Kendal Terserang DB

57 Warga Kendal Terserang DB

00156.MTS_000003120KENDAL – Selama dalam kurun waktu dua bulan Desember 2014 hingga Januari 2015, masyarakat kabupaten Kendal banyak terserang penyaki demam berdarah (DB) yang ditularkan dari nyamuk aedes aegypti.

Kurang lebih sebanyak 57 orang yang terserang penyakit DB itu ada berasal di empat wilayah kecamatan. Yakni kecamatan Sukorejo, Kecamatan Pegandon, Kecamatan Cepiring, dan Kecamatan Rowosari.

Andi Haris (25) salah seorang pasien asal Kecamatan Pegandon mengatakan awalnya mengalami gejala mual, muntah-muntah dan pusing serta muncul bintik-bintik merah pada tangannya.

“Sebelum saya dibawa ke rumah sakit, saya priksa ke puskesmas. Dan akhirnya saya harus di rujuk untuk opname di RSI Kendal ini,” tuturnya.

Sementara itu, penyakit demam berdarah juga menyerang pasien lainnya yakni Eva Sulistyani (12) warga desa Kalibogor Kecamatan Sukorejo. Awalnya dirinya juga merasakan seluruh badannya panas disertai mual-mual, perut mulas.

“Dirumah sudah ada seminggu, lalu saya dibawa ke rumah sakit. Kata dokter terjangkit penyakit DB karena ada bintik-bintik merah pada tubuh dan tangan,” ujarnya dengan polos.

Terpisah, bagian Humas Rumah Sakit Islam Kendal Farid mengatakan diakuinya selama kurun waktu dua bulan ini banyak warga yang terserang penyakit DB. Namun pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak puskesmas di masing-masing kecamatan bila ada warga yang terserang agar cepat ditangani.

“Hingga sampai saat ini, tim medis dalam melayani para  pasien tidak ada masalah. Alkhamdulillah semua dapat cepat tertangani. Kami juga selalu berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat,” tandasnya.

Farid menjelaskan, dari sebanyak 57 orang pasien yang terkena penyakit DB 12 diantaranya masih di rawat di rumah sakit Islam (RSI) Kendal. 17 orang menyerang pada usia anak-anak, sedangkan lainnya usia dewasa. (BJ19)