Home Ekbis 560 Tabung Melon, Ludes Dalam Waktu Singkat Saat OP Di Gelar

560 Tabung Melon, Ludes Dalam Waktu Singkat Saat OP Di Gelar

Operasi pasar gas Elpiji 3 Kg
Operasi pasar gas Elpiji 3 Kg
Operasi pasar gas Elpiji 3 Kg


Karanganyar, 29/5 (BeritaJateng.net) – Warga di desa Jaten Kecamatan Jaten nampak antri mendaftar di Kecamatan Jaten untuk mendapatkan gas elpiji  3 kg seharga Rp. 15.500 di dalam operasi pasar yang digelar oleh Pertamina, Hiswana Migas dan Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Jumat, (29/5/2015).

Operasi Pasar (OP) khusus gas tiga kilo ini di wilayah Jaten dialokasikan sebanyak 560 tabung, dan bagi warga yang ingin membeli harus menunjukkan KTP dan hanya boleh  membeli maksimal dua tabung saja.

Rahmad Widodo salah satu perwakilan dari Agen Elpiji yang sedang melakukan OP kali ini  menjelaskan untuk operasi pasar kali ini dilakukan di dua tempat yakni di Bolon, Colomadu dan Jaten. Masing -masing di sediakan sebanyak 560 tabung. Operasi pasar juga digelar untuk menghindarkan kepanikan masyarakat karena adanya pemberitaan kelangkaan elpiji.

Rahmad juga menjelaskan pihaknya mendapat kesempatan  dari Pertamina, Hiswana Migas, dan Pemerintah Kabupaten Karanganyar untuk melakukan operasi pasar elpiji 3 kilo di Kecamatan Jaten.

“Harga yang kita jual untuk OP kali ini adalah Rp. 15.500 setara dengan harga jual elpiji di pangkalan,” jelasnya ketika ditemui di Kecamatan Jaten Karanganyar, Jumat (29/30/2015).

Rahmad mengaku sebenarnya elpiji tiga kilo tidak mengalami kelangkaan seperti yang diberitakan, namun disebabkan karena permintaan yang meningkat cukup signifikan di wilayah Karanganyar.

“Sejak harga elpiji 12 kilo meningkat, masyarakat banyak yang beralih ke gas melon. Bahkan prosentase penurunan dari pengguna elpiji tabung biru yang beralih ke tabung melon mencapai 25 persen,” jelasnya.

Karena harga yang dijual dalam OP kali ini adalah Harga Eceran Tertinggi (HET) maka langsung habis diserbu warga. Biasanya warga membeli elpiji tabung melon di pasaran seharga Rp. 18.000 tiap tabungnya.

Wawan  salah satu warga Celep, Dagen Karanganyar  mengaku sangat bersyukur bisa mendapat dua tabung dalam operasi pasar yang digelar kali ini. Pasalnya sudah beberapa hari ini dirinya kesulitan mendapatkan elpiji karena stok pedagang banyak yang kosong.

“Lumayan dapat dua tabung, satu untuk stok. Saya khan pedagang mi ayam jadi butuh gas kecil untuk dagang pungkasnya. (BJ24)