Home News Update 522 Mahasiswa Berprestasi Terima Beasiswa Plus Djarum Foundation 

522 Mahasiswa Berprestasi Terima Beasiswa Plus Djarum Foundation 

Semarang, 11/11 (BeritaJateng.net) – Sebanyak 522 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang tersebar di 34 provinsi terseleksi menjadi penerima Djarum Beasiswa Plus angkatan 2015/2016.

“Mahasiswa ini berasal dari 86 perguruan tinggi unggulan dari berbagai wilayah,” kata Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation Primadi H Serad di Semarang, Selasa malam.

Hal tersebut diungkapkannya usai pergelaran Malam Dharma Puruhita Beswan Djarum yang mengangkat tema “Pesona Negeri Manise” yang berlangsung di Kompleks PRPP Jawa Tengah, Semarang.

Menurut Primadi, seleksi penerima Djarum Beasiswa Plus sangat ketat, seperti untuk angkatan 2015/2016 yang diserbu sebanyak 15.074 pendaftar, sementara yang diterima hanya 522 orang.

Makanya, kata dia, proses seleksinya pun sangat kompetitif seiring banyaknya pendaftar sehingga mereka yang terjaring sebagai Beswan telah tersaring sebagai mahasiswa yang berprestasi.

Tahapan seleksi, kata dia, di antaranya harus memiliki indeks prestasi komulatif (IPK) di atas 3,00 pada akhir semester IV, seleksi administrasi, seleksi tulis, diskusi kelompok, dan wawancara.

“Tak kalah penting, mereka (mahasiswa, red.) juga harus aktif berorganisasi, baik organisasi kemahasiswaan yang ada di dalam kampus maupun organisasi yang berada di luar kampus,” katanya.

Ia menjelaskan Djarum Beasiswa Plus merupakan program beasiswa yang dilengkapi pelatihan keterampilan lunak (softskill) untuk membekali para Beswan, sebutan untuk penerima beasiswa Djarum.

“Para Beswan Djarum mendapatkan berbagai pelatihan, seperti ‘nation building’, ‘character building’, leadership development’, competition challenge’, dan international exposure’,” katanya.

Pentingnya “softskill” untuk ditanamkan kepada para Beswan Djarum, kata dia, sejak dirintis pada 1984, kata dia, Djarum Beasiswa Plus sudah memberikan beasiswa kepada 9.330 mahasiswa berprestasi yang ada di lebih dari 100 perguruan tinggi unggulan di 34 provinsi.

Jumlah penerima Djarum Beasiswa Plus pun selalu mengalami peningkatan setiap tahun, seperti pada 1984 yang hanya menjaring 56 Beswan dan sekarang ini menjaring 522 Beswan Djarum.

“Para Beswan Djarum ditempa untuk menjadi manusia yang tangguh, disiplin, mandiri, dan memiliki wawasan masa depan sebagai calon pemimpin bangsa yang cakap secara intelektual dan emosional,” pungkasnya.

Pergelaran Malam Dharma Puruhita Beswan Djarum pun mengangkat kebudayaan daerah yang berbeda-beda setiap tahunnya, seperti tahun ini kebudayaan Maluku, setelah tahun lalu kebudayaan Bali. (Bj/ant)