Home Hiburan 500 Seniman Meriahkan Jepara Cultural Festival

500 Seniman Meriahkan Jepara Cultural Festival

image

Jepara(20/4), beritajateng.net – Sedikitnya 500 senimana Jepara meriahkan perhelatan Jepara Cultural Festival (JFC). Acara yang rutin digelar sejak tiga tahun terakhir itu menyuguhkan beragam kesenian tradisi alsi Bumi Kartini. Seperti Perang Obor Tegalsambi, Pesta Baratan Kalinyamatan, dan Memeden Gadhu Kepuk. Selian itu, juga ditampilkan tari kolosal garapan baru bertema Kerajinan Jepara.

Art Director JCF 2015, Kustam Eka Jalu, meyampaikan, sengaja kesenian-kesenian tradisi Jepara itu disuguhkan dengan kemasan teatrikal agar lebih menarik dinikmati. Tradisi-tradisi lokal tersebut diadaptasi supaya masyarakat lebih mengenal dan memahami tradisi budaya setempat.

“Sebetulnya tradisi budaya itu sudah lama ada, tapi masyarakat Jepara sebagai masyarakat pendukung dari kebudayaan itu sendiri kini banyak yang tidak mengerti makna serta sejarah lahirnya kebudayaan tersebut,” ujar Kustam, Senin (20/4).

Lebih lanjut Kustam menyampaikan, itu sebabnya pada JCF 2015 kali ini mengangkat sejarah ritual dan prosesi tradisi kebudayaan lokal yang ditata dengan alur dramatik agar mudah dicerna oleh masyarakat. Tanpa mengesampingkan bentuk estetis dan artistik dalam kaidah pertunjukan kesenian.

“Memang bentuknya tidak sama persis dengan aslinya yang ada di tengah-tengah masyarakat, itu karena ada beberapa ritual sakral yang menyangkut spiritual masing-masing kesenian daerah tersebut,” kata Kustam.

Pagelaran yang berlangsung di alun-alun Kabupaten Jepara, Senin (20/4) malam, itu melibatkan sejumlah komunitas teater dan tari yang ada di Bumi Kartini. Kustam menguraikan, sedikitnya 12 komunitas teater terlibat dalam penggarapan. Sementara, kelompok tari yang terlibat ada 8 yang tersebar di Jepara. (BJ18)