Home Headline 500 Pebalap Sepeda Akan Ramaikan Event Tugu Muda Race 2018 “Open Champions”

500 Pebalap Sepeda Akan Ramaikan Event Tugu Muda Race 2018 “Open Champions”

299
0
Press konference Tugu Muda Race 2018 "Open Champions"
        Semarang, 23/3 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan menggelar Event Tahunan Tugu Muda Race 2018 “Open Champions” dalam rangka rangkaian memeriahkan HUT Kota Semarang yang ke – 417. Event Tugu Muda Race 2018, tersebut rencananya akan dipusatkan di Kawasan Sungai Banjir Kanal Barat (BKB) pada tanggal 12-13 Mei mendatang.
         Terkait hal itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dinpora) Gurun Risyadmoko mengatakan, event tahunan ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Kota Semarang dengan Ikatan Sepeda Indonesia (ISI) Kota Semarang.
        “Tugumuda race tahun 2018 ini merupakan tevent tahunan, yakni sejak 2016,2017, dan kali ini 2018 akan dipusatkan di banjir kanal barat,” katanya, Jumat (23/3).
        Lebih lanjut gurun mejelaskan, Penempatan lomba di kawasan banjir Kanal Barat (BKB) beralasan bahwa saat ini banjir kanal barat sudah menjadi ikon dan objek wisata favorit di Kota Semarang, yang memiliki pemandangan yang bagus.
         “Jadi para peserta selain dapat berkompetisi, juga sekaligus dapat berwisata. Sehingga harapan saya bisa berdampak efek domino yakni dapat mendatangkan wisatawan. Kan bisa saja mereka bukan datang sendiri, melainkan datang bersama keluarga,” ungkapnya.
         Selain itu, Gurun menambahkan, ada beberapa trek yang menantang yang akan dilalui oleh pebalap sepeda untuk kelas tertentu, yakni salah satunya tanjakan gombel. Menurutnya dengan tanjakan dan turunan yang cukup ekstrim, dapat membuat adrenalin pembalap terpacu.
       “Trek menantang nya nanti salah satunya di tanjakan dan turunan gombel, disitu nanti jadi tantangan sendiri bagi pembalap,” ujarnya.
        Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Sepeda Sport Seluruh Indonesia (ISSI)  Kota Semarang, Adi Wibowo mengatakan, Target peserta untuk event tahun ini mendatangkan pebalap sepeda hingga 500 peserta. “Sementara baru 200 yang terdaftar, melalui sistem online, targetnya ya 500 peserta,” ungkapnya.
       Lebih lanjut Adi mengungkapkan rute yang dilalui nantinya akan di bagi beberapa katagori salah satunya yakni untuk katagori kiriterium, dengan rute hanya disekitar BKB.
        “Kriterium, jadi kalau kriterium itu mode nya lap, rutenya hanya di sekitar BKB start dari Pusponjolo – Jembatan Pleret – jembatan Siliwangi dan masuk ke pusp[onjolo lagi. Di BKB itu salu lap jaraknya 2,3 km, jadi nanti tergantung katagorinya mulai dari 1 lap, hingga ada yang sampai 15 lap,” ungkapnya.
         Dijelaskan Adi,  ada sebanyak 24 nomor lomba dalam kompetisi balap sepeda kali ini.  Mulai dari usia dini 10 kategori,  kategori wajib 8 kategori,  dan kategori master A, B,  C dan D.  “Diharapkan,  event ini tiap tahun bisa diadakan oleh Pemkot karena sebagai ajang pembinaan bibit atlet sepeda usia dini,  khususnya di Kota Semarang,” imbuhnya. (El)