Home Headline 500 Loper Koran Peroleh BPJS Ketenagakerjaan

500 Loper Koran Peroleh BPJS Ketenagakerjaan

IMG_1207

Semarang, 14/6 (BeritaJateng.net) – Para pekerja loper koran kini tak bingung dengan adanya Jaminan kerja mereka, karena Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kanwil Jateng-DIY memberikan gratis biaya premi selama tiga bulan kepada 500 loper koran. Pemberian stimulus tersebut dilaksanakan di Kantor Disperindag Jateng, Jalan Pahlawan.

Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jateng-DIY, Cotta Sembiring menyampaikan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi menjelang operation pada 1 Juli 2015 mendatang di Cilacap. Ada sekitar tiga layanan BPJS Ketenagakerjaan yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT).

Ia menjelaskan bahwa BPJS Ketenagakerjaan juga sangat penting bagi kalangan para pekerja informal. Karena dengan adanya layanan tersebut dapat melindungi dan menjamin pekerja informal seperti Pegawai Negeri Sipil (PNS).

”Untuk layanan yang diberikan kepada 500 loper koran tersebut yakni untuk JKK dan JKM dengan biaya Rp 20.800/bulan diberikan gratis selama tiga bulan. Sementara untuk layanan JKK,JKM, dan JHT dengan premi Rp. 52.800/bulan,” ujarnya.

Ada juga santunan kematian, dengan bukan karena kecelakaan kerja, nantinya akan diberikan Rp 21 juta. Sedangkan jika terjadi karena kecelakan kerja, akan diberikan santunan sebanyak 48 kali UMK di daerah mereka tinggal. (BJ06)