Home Headline 500 Kader Komunitas Juang Jateng Unjuk Gigi di Rakornas PDI Perjuangan

500 Kader Komunitas Juang Jateng Unjuk Gigi di Rakornas PDI Perjuangan

1061

JAKARTA, 12/1 (Beritajateng.net) – Peringatan HUT ke 46 PDI Perjuangan dan Rakornas yang berhasil dilaksanakan kemarin menyisakan cerita sukses bagi kader Komunitas Juang (KJ) Jateng yang diterjunkan di Gedung JI Expo tempat berlangsungnya HUT dan Rakornas.

Sebanyak 500 kader Komunitas Juang tersebut dikerahkan dengan tugas khusus. Yaitu membantu pendistribusian konsumsi bagi 13.000 lebih peserta, sekaligus proses pembersihan boks makanan dari ruang pleno.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Bambang Wuryanto mengatakan tugas di arena Rakornas menjadi ajang pendidikan para kader komunitas juang.

“Ini untuk pendidikan bagi adik-adik KJ. Pendidikan mental agar siap jadi pelayan masyarakat, melatih kerendahan hati, melatih empati, dan melatih kerjasama pengorganisasian kerja,” katanya, disela sela Rakornas.

Dengan tugas khusus dari DPP tersebut, kader KJ juga dilatih bersikap proaktif dalam kerja otot.

“Adik-adik ini dididik dan dilatih untuk mempunyai karakter, mempunyai kompetensi, dan selalu meningkatkan kapasitas dirinya,” ujar pria yang akrab disapa Bambang Pacul ini.

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jateng Jokowi-Maruf Amin tersebut menambahkan perekrutan KJ merupakan proses pengkaderan jangka panjang, kontinyu dan berkesinambungan.

Politisi asal Sukoharjo ini menjelaskan pembentukan KJ merupakan bagian dari pembangunan karakter yang digagas Bung Karno. Partai membekali para kader muda dengan code of conduct atau tata nilai hidup di masyarakat.

“Di zaman yang liberal dan individual ini kader muda harus mengasah kapasitasnya. Lalu di zaman kompetitif ini, kader Komunitas Juang harus punya kompetensi,” imbuhnya.

Pengkaderan sendiri dilakukan berjenjang mulai dari tingkat DPC. Kemudian, kader muda yang layak akan digembleng di Komunitas Juang.

(NK)