Home Ekbis 50 persen RPH di Jateng Tidak Layak

50 persen RPH di Jateng Tidak Layak

Whitono
Whitono
Whitono

Semarang, 21/1 (BeritaJateng.net) – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah mensinyalir sekitar 50 persen Rumah Pemotongan Hewan atau RPH di Jawa Tengah tidak layak.

Kondisi ini diperparah dengan minimnya perhatian pemerintah daerah terhadap keberadaan Rumah Pemotongan Hewan di daerahnya.

Kepala dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah Ir. Whitono,M.Si mengakui dari 113 Rumah Pemotongan Hewan atau RPH yang berada di Jawa Tengah 50 persen belum memenuhi persyaratan. 

“Sebagian RPH di Jawa Tengah belum memenuhi persyaratan, Pemprov Jateng melalui Disnakeswan Provinsi Jawa Tengah telah memfasilitasi sejumlah RPH untuk diperbaiki. Beberapa RPH yang telah diperbaiki antara lain RPH yang berada di 
Kota Semarang, Boyolali, Salatiga, Surakarta, Banyumas, Brebes, Tegal, Kendal, Sukorejo”, kata Whitono dalam dengar pendapat Kmisi B DPRD Jateng, Rabu.

Menurutnya, di Jawa Tengah sendiri produksi daging mencapai 60 ribu ton/tahun. Kebanyakan produksi daging didominasi beberapa daerah penghasil seperti Boyolali, Kabupaten Semarang, Banyumas, dan Blora. (BJ28)