Home Headline 50 Juta Pil PCC Siap Edar, Berasal Dari Pabrik Yang Digerebeg BNN...

50 Juta Pil PCC Siap Edar, Berasal Dari Pabrik Yang Digerebeg BNN Di Solo

190
0
Buwas saat memberi keterangan di lokasi penggerebekan pabrik pil PCC di Solo
          SOLO, 4/12 (BeritaJateng.net) – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Wasesa menegaskan tim BNN butuh waktu lumayan  lama untuk menelusuri keberadaan pabrik obat terlarang pil Paracetamol Caffein Carisoprodol (PCC) di Solo, Semarang. Hingga akhirnya tim melakukan penggerebegan Minggu (3/12/2017) di dua kota.
         “Ternyata diketahui (pabrik) ini sudah sudah memproduksi 50 juta pil PCC sudah jadi. Di Semarang hanya ditemukan 3 juta pil siap edar,” jelas Budi Waseda atau dikenal dengan sebutan Buwas kepada media di lokasi kejadian perkara, jalan Setiabudi, Solo, (4/12/2017).
           Menurut Buwas, pabrik ini kategori besar, karena dalam sehari bisa memproduksi pil PCC dalam jumlah besar, sekitar tiga juta pil perharinya. Hingga totalnya ada 50 juta pil siap edar dan rencananya akan dijual ke berbagai wilayah seperti Kalimantan, Sulawesi dan Jakarta.
          Target pembelinya merupakan anak di bawah umur yang masih berusia sekolah dengan harga jual perbutirnya dipatok sekitar Rp. 5000.
           “Dalam sebulan keuntungan bersihnya mencapai Rp 2,7 miliar. Dilihat dari pembukaan dan rekening beberapa tabungan,” terang Buwas.
        BNN juga berhasil mengamankan dua dalang pembuatan pil PCC yang diketahui bernama Joni dan Anggoro. Keduanya memiliki peran masing-masing, dan hasil penyidikan Joni diketahui sebagai pemilik modalnya.
          Tim BNN juga menyita peralatan berupa mesin pencetak pil, tiga drum bahan kimia alkohol, 60 rol alumunium foil pembungkus pil, 2 drum cairan bahan baku siap cetak, 40 karung Carisoprodol kemasan 25 kilogram. Empat karung berisi magnesium sterate, seperangkat alat pengering pil PCC dan 100 kardus untuk packing. (DB/El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here