Home DPRD Kota Semarang 50 Anggota DPRD Kota Semarang Periode 2019-2024 Dilantik

50 Anggota DPRD Kota Semarang Periode 2019-2024 Dilantik

263
50 Anggota DPRD Kota Semarang Dilantik

Semarang, 14/4 (BeritaJateng.net) – Sebanyak 50 anggota DPRD kota Semarang periode 2019 – 2024 secara resmi dilantik, Rabu (14/8) pagi. Pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Semarang berjalan khidmat.

Seremonial Pengambilan sumpah ditandai dengan pelepasan jabatan ketua DPRD Kota Semarang periode 2014 – 2019.

Pelepasan jabatan pimpinan dewan tersebut ditandai dengan penyerahan palu dari Ketua DPRD Kota Semarang periode 2014 -2019 tersebut adalah H Supriyadi (PDI Perjuangan) dan didampingi wakil ketua DPRD kota Semarang Joko Santoso (Gerinda), Wiwin Subiyono (Demokrat) dan Agung Budi Margono (PKS) kepada Kadarlusman yang juga ditunjuk sebagai Ketua Dewan Sementara.

Pelantikan anggota DPRD Kota Semarang periode 2019 – 2024 ini merupakan tanggungjawab untuk menjaga negara kesatuan republik Indonesia dan Pancasila.

Selanjutnya, peserta yang masing- masing didampingi istri atau suami berjajar menyambut ucapan selamat yang akan dihadiri Walikota Semarang, serta pejabat dan tamu undangan.

Sebanyak 50 personil itu diambil sumpahnya di Ruang Paripurna DPRD Kota Semarang dihadapan Kepala Pengadilan Negeri Semarang, Sutaji.

Komposisi jumlah anggota dewan tersebut terdiri 33 anggota dewan petahana dan 17 nama baru yang akan dilantik. Mereka menjadi wakil rakyat di Kota Semarang untuk periode 2019 hingga 2024. Proses pelantikan ditetapkan dengan SK Gubernur Jawa Tengah.

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, hari ini pemerintah kota Semarang termasuk dari beberapa wilayah yang melaksanakan pelantikan parlemen atau DPRD, di Kota Semarang ada 50 anggota dewan yang dilantik. Komposisi adalah 17 wajah baru, jadi 33 orang atau 66 persen wajah lama.

Hendi sapaan akrab Walikota, berharap anggota dewan baru bisa melebur dan belajar, bekerja sama dengan anggota dewan untuk melaksanakan kewajibannya di parlemen. “Harapan kami, dewan-dewan baru segera melebur bekerja bersama dewan lama, belajar tata cara birokrasi, aturannya, sistem kerjanya seperti apa,” ujar Hendi.

Hendi mengingatkan kepada anggota Dewan yang dilantik hari ini, agar tidak menyalahgunakan kewenangan dan kekuasaan.

“Jangan membayangkan menjadi anggota dewan itu berlimpah ruah, dengan hal-hal yang sifatnya menyalahgunakan kewenangan dan kekuasaan. Ini era baru, semua orang pasti akan menyorot eksekutif dan yudikatif. Bekerja sesuai aturan dan ketentuan, saya yakin akan manfaat, selamat terutama konstituen masing-masing,” terang Hendi. (El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here