Home News Update 41 Sekolah Ikuti Lomba Galang Bima di SMPN 15 Semarang

41 Sekolah Ikuti Lomba Galang Bima di SMPN 15 Semarang

1181

Semarang, 22/11 (BeritaJateng.net) – SMP Negeri 15 Semarang menggelar Lomba Galang Bima ke-12 yang rutin diselenggarakan tiap dua tahun sekali. Acara ini sekaligus dalam rangka ulang tahun SMP Negeri 15 yang ke-33, Minggu (22/11).

Diikuti oleh 99 regu pramuka yang terdiri dari 24 pangkalan untuk tingkat SMP, yakni 29 regu putra dan 36 regu putri.

Sedangkan untuk tingkat SD, ada 17 pangkalan terdiri dari 15 regu putra dan 19 regu putri. Ada 12 kecamatan dari 16 kecamatan di Kota Semarang yang mengikuti perlombaan di SMP Negeri 15 ini.

Menurut Ketua Gugus Depan sekaligus Pembina OSIS SMP Negeri 15 Semarang, Suhartono., S. Pd tujuan diadakannya perlombaan galang bima ini untuk menggerakkan jiwa pramuka bagi para siswa.

“Didalamnya juga terdapat nilai-nilai karakter yang bisa dikembangkan seperti kedisiplinan, kejujuran, sportifitas, yang semuanya itu untuk membangun generasi muda ke arah yang lebih baik,” ujar Suhartono.

Sementara itu dari pihak siswa SMP Negeri 15 yang sekaligus panitia lomba, Satriya Adhi Nugraha menjelaskan tema dari lomba galang bima meliputi potensi ketrampilan dan kepemimpinan anggota pramuka seperti berkepedulian, pionering, PBB, P3K, KIR dan Kesenian.

“Contohnya, dari PBB sendiri yang dinilai seperti ketegasan, ketrampilan dan kekuatan,” jelas Satriya.

Satriya juga menambahkan kegiatan perlombaan ini semuanya dalam rangka mengembangkan tali persaudaraan.

Adapun penghargaan yang diberikan kepada peserta lomba meliputi piala bergilir dari Bank Jateng dan Alumni SMP Negeri 15 Semarang.

“Tahun lalu juara untuk tingkat SD dimenangkan oleh SD Muktiharjo 01, sedangkan tingkat SMP dari SMPN 1 Semarang,” ujar Suhartono.

Suhartono menambahkan total peserta dari 12 Kecamatan ini dihadiri oleh perwakilan penggalang SD maupun SMP yang jumlah keseluruhannya ada 41 sekolah. (BJT01)