Home Lintas Jateng 40 Persen Caleg Perempuan Siap Berebut Kursi Legislatif Demak

40 Persen Caleg Perempuan Siap Berebut Kursi Legislatif Demak

1400
0
40 Persen Caleg Perempuan Siap Berebut Kursi Legislatif Demak

Demak, 25/9 (BeritaJateng.net) – KPU Kabupaten Demak, secara resmi menetapkan sebanyak 450 Daftar Caleg Tetap (DCT) yang ikut berkompetisi dalam Pemilu Legislatif 2019 mendatang.

Dari jumlah tersebut, caleg laki – laki sebanyak 269 orang, sedangkan caleg perempuan sebanyak 181 calon atau 40,2 persen.

Para “Srikandi” politik itu, siap bertarung dengan kaum adam, untuk memperebutkan kursi di DPRD Demak.

“Setiap partai politik, keterwakilan caleg perempuan mencapai 40 persen,” kata Ketua KPU Demak, Mahmudi, seusai konferensi pers, Selasa (25/9/2018).

Acara yang berlangsung di Reinz Cafe dan Resto, Kompleks Perumahan Bintoro Asri itu, juga dihadiri oleh Komisioner KPU Demak, Jesi Tri Juni, Bambang Setyabudi serta Hastin Atas Asih.

Terkait penetapan DCT, sambung Mahmudi, sudah tidak ada persoalan lagi. Hanya saja, pada saat penetapan Daftar Caleg Sementara (DCS), ada yang mempersoalkan Ijasah paket c dan status anggoda BPD (Badan Perwakilan Desa) salah satu bakal caleg.

“Semuanya clear. Tidak ada masalah. Caleg ikut paket c secara prosedural dan yang berstatus BPD juga sudah mengundurkan diri dari keanggotaannya,” ungkap Mahmudi.

Mahmudi menambahkan, dari 16 partai politik peserta pemilu 2019, ada dua parpol yang sama sekali tidak mengajukan calonnya, yakni Partai Garuda dan PKPI.

“Untuk 14 partai lainnya, semua daerah pemilihan (Dapil) terisi oleh para kader – kader mereka. Hanya saja, untuk dapil empat, PAN tidak memasang kadernya,” bebernya.

Calon legislatif di Kabupaten Demak, terbanyak dari Partai Nasdem, yakni sebanyak 50 calon, disusul Partai Gerindra sebanyak 49 caleg, PPP 48 caleg dan Partai Golkar sebanyak 45 caleg. Sementara yang paling sedikit jumlah calegnya, yakni Partai Bulan Bintang, hanya 8 caleg saja. “Dari 450 caleg, kita pastikan, tidak ada napi koruptor,” tandasnya. (El)