Home Headline 4.680 Lampion Hiasi Langit Kota Semarang

4.680 Lampion Hiasi Langit Kota Semarang

Walikota Semarang dan Gubernur Jateng menerbangkan lampion ke udara diikuti masyarakat Kota Semarang yang ramai-ramai menerbangkan lampion
Walikota Semarang dan Gubernur Jateng menerbangkan lampion ke udara diikuti masyarakat Kota Semarang yang ramai-ramai menerbangkan lampion
Walikota Semarang dan Gubernur Jateng menerbangkan lampion ke udara diikuti masyarakat Kota Semarang yang ramai-ramai menerbangkan lampion

Semarang, 31/5 (BeritaJateng.net) – Menutup perayaan acara hari jadi Kota Semarang ke 468, sebanyak 4.680 lampion menghiasi langit Semarang pada Sabtu (30/5) malam di sepanjang bantaran sungai Banjir Kanal Barat.

Tiga event yang di gelar serentak jadi satu, yakni Festival Kaligarang, Semarang Introducing Market, serta Festival Perahu dan Lampion Banjir Kanal Barat berlangsung meriah.

Diawali dengan event Semarang Introducing Market yang menyajikan beragam produk unggulan Semarang, bukan hanya itu, beragam kegiatan pendukung seperti senam massal, lomba mewarnai, lomba memasak, lomba foto produk, produk UMKM, kuliner, musik, dance competition, dan pesta lampion.

Hiburan musik ditampilkan di sisi timur sungai, sementara Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta jajaran pejabat berada di sisi barat sungai.

Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi dan Ganjar Pranowo lalu menyeberangi Sungai Banjir Kanal Barat secara bergantian dengan menaiki perahu karet tim Search and Rescue (SAR) yang disiapkan.

Dalam sambutannya, Hendi menyatakan Festival Kaligarang yang berlangsung 29-31 Mei itu sekaligus penutup perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-468 Kota Semarang dan peringatan Hari Air Sedunia.

“Sungai Banjir Kanal Barat ini sekarang cantik dan menjadi tempat penyelenggaraan agenda yang luar biasa, seperti Festival Kaligarang ini. Tempat ini luar biasa cantik,” ungkapnya.

Makanya, Hendi mengharapkan seluruh masyarakat untuk bersama-sama merawat Sungai Banjir Kanal Barat agar tetap cantik dan nyaman digunakan untuk berbagai kegiatan, termasuk kepariwisataan.

Pada kesempatan sama, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengakui semakin banyaknya even menarik yang digelar di Kota Semarang yang bisa menarik masyarakat dan wisatawan untuk menyaksikannya.

“Baru saja tadi saya bersama Pak Wali (Hendi, red.) meresmikan pembukaan pameran foto di kawasan Kota Lama. Saya bangga Semarang makin ‘greget’. Banyak even yang bisa ditonton masyarakat,” katanya.

Ia mengingatkan festival itu juga sekaligus memeringati Hari Air Sedunia sehingga harus menjadikan introspeksi untuk menghemat air dan menjaga kelestarian sungai, termasuk Sungai Banjir Kanal Barat.

“Sungai ini dibangun dengan perjuangan luar biasa makanya harus dijaga. Ingat juga, sebentar lagi musim kemarau. Tabung air, jaga air, jaga kebersihan untuk kepentingan bersama,” pungkasnya.

Dari hulu sungai beragam perahu hias menjadi tontonan apik yang memukau penonton di sepanjang bantaran sungai Banjir Kanal Barat, lampion di terbangkan satu persatu, tak kelewatan, Hendrar Prihadi dan Ganjar Pranowo beserta jajaran juga ikut menerbangkan lampion ke udara.

Rangkaian acara ditutup dengan event Festival Kaligarang yang menampilkan Virzha Idol sebagai guest star serta sajian pesta kembang api yang gegap gempita menghiasi langit kota Semarang. (Bj05)