Home Headline 39 Korban Meninggal Ditemukan

39 Korban Meninggal Ditemukan

image

Banjarnegara, 14/12 (Beritajateng.net) – Tim gabungan hingga Minggu sore berhasil menemukan 39 korban meninggal yang tertimbun tanah longsor di Dusun Jemblung Desa Sampang Kabupaten Banjarnegara kata Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Harmensyah.

“Data sementara korban yang ditemukan meningal sebanyak 39 orang dan diperkirakan masih 69 korban yang masih tertimbun,” katanya di Banjarnegara, Mnggu.

Ia mengatakan pencarian akan dilanjutkan Senin (15/12) dan akan terus dilakukan hingga didapat korban yang diperkirakan masih tertimbun.

Ia menuturkan ada sekitar 2.000 relawan baik dari TNI/Polri, SAR, BPBD, dan Basarnas bahu membahu terlibat dalam pencarian korban bencana tanah longsor ini.

“Setelah seluruh korban meninggal dtemukan, langkah berikutnya adalah bagaimana segera menentukan bagaimana korban yang masih hidup, apakah disewakan rumah atau direlokasi, besok akan dilakukan kooordinasi dengan SKPD terkait,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya sudah bicara dengan Bupati Banjarnegara agar sepekan ke depan sudah harus ditentukan, kalau mau direlokasi tempatnya di mana dan apakah lokasinya aman atau lokasi longsor tersebut masih bisa direkayasa.

“Secara teknis memang bisa dengan sistem teras, namun semua itu tergantung pemkab dan warga, kami hanya memfasilitasi,” katanya.

Ia mengatakan memang hampir seluruh daerah di sini merupakan daerah rawan longsor.

Ia mengimbau masyarakat untuk mewaspadai curah hujan dan bagaimana dengan cuaca ektrem ini pemerintah daerah untuk menentukan status siaga darurat supaya betul-betul siap tidak ada korban jiwa.(ant/pj)

Advertisements