Home Hukum dan Kriminal Kejaksaan Agung Hibahkan Aset Sitaan Kepala Bulog Kepada Pemkot Solo

Kejaksaan Agung Hibahkan Aset Sitaan Kepala Bulog Kepada Pemkot Solo

SOLO, 3/2 (BeritaJateng.net) – Hari ini, Jaksa Agung H.M. Prasetyo resmi menyerahkan Dalem Joyokusuman yang berlokasi di RT 002/ RW 003 Kelurahan Gajahan, Pasar Kliwon. Ndalem Joyokusuman merupakan aset milik terpidana kasus korupsi yang melibatkan Mantan Kepala Bulog Widjanarko Puspoyo.

Penyerahan aset yang dihibahkan pada Pemerintah kota Solo merupakan sebuah rumah yang di bangun pada abad ke 18 dan merupakan peninggalan dari PB X.
Serah terima aset dilakukan langsung oleh Jaksa Agung H.M. Prasetyo kepada Penjabat (Pj) Wali Kota Solo, Budi Yulistianto.

Sebelumnya Dalem Joyokusuman telah di sita oleh negara sebagai pembayaran ganti rugi mantan kepala Bulog Widjanarko Puspoyo terkait kasus korupsi impor sapi  fiktif dari Australia yang telah merugikan keuangan negara.

Jaksa Agung H.M. Prasetyo menjelaskan setelah semua kasus yang melibatkan mantan kepala Bulog selesai maka salah satu aset yang sebelumnya di sita oleh Kejaksaan Agung kemudian di hibahkan pada Pemerintah kota Solo.

“Setelah keluarnya putusan dari Mahkamah Agung artinya sudah final dan berkekuatan hukum tetap. Maka kita hibahkan bangunan cagar budaya ini pada Pemkot Solo agar bisa dikelola,” jelasnya, Rabu (3/2/2016).

Terlebih lagi, ucap HM Prasetyo Pemkot Solo sebelumnya juga sudah mengajukan permintaan untuk mengelola benda cagar budaya bernilai 25 Miliar tersebut.
Sehingga tidak ada salahnya jika di hibahkan untuk kemudian dikelola.

Untuk itu pesan Pemkot Solo harus benar-benar bisa menjaga dan melestarikan bangunan cagar budaya yang sudah berusia ratusan tahun ini.

Seperti diketahui Mantan Ka Bulog  Widjanarko Puspoyo telah membeli rumah megah dari ahli waris sebesar Rp. 11 Miliar pada tahun 2004 lalu. Setelah melalui persidangan dan terbukti merugikan negara salah satu asetnya yang ada di Solo yakni Dalem Joyokusuman di sita oleh negara. (Bj24).